Apa Kelebihan Jam Tangan Pintar Samsung Galaxy Gear?

KBR68H - Perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan, Samsung, Rabu kemarin baru saja meluncurkan smartwatch atau jam tangan pintar di ajang IFA, pameran elektronik di Berlin, Jerman. Jam tangan pintar itu diberi nama Galaxy Gear, dan termasuk rangka

INTERNASIONAL

Kamis, 05 Sep 2013 09:26 WIB

Author

Agus Luqman

Apa Kelebihan Jam Tangan Pintar Samsung Galaxy Gear?

Samsung, Galaxy, smartphone, Android

KBR68H - Perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan, Samsung, Rabu kemarin baru saja meluncurkan smartwatch atau jam tangan pintar di ajang IFA, pameran elektronik di Berlin, Jerman. Jam tangan pintar itu diberi nama Galaxy Gear, dan termasuk rangkaian produk Galaxy yang selama ini jadi andalan Samsung di seri telepon pintar.

Kepala Divisi Mobile di Samsung, JK Shin meyakini Galaxy Gear akan menjadi ikon fesyen baru di dunia, dimana peranti bergerak ini bisa dikenakan di pergelangan tangan.

Samsung bukan pabrikan pertama yang bermain di jajaran jam tangan pintar. Sebelumnya perusahaan elektronik lain seperti Casio meluncurkan G-Shock Bluetooth Watch, pabrikan Sony memiliki Sony Smartwatch yang sudah sampai seri dua serta Pebble Technology meluncurkan The Pebble Smartwatch. Sedangkan Apple masih belum juga mengeluarkan produk jam tangan pintar, yang kabarnya diberi nama iWatch.

Kelebihan

Galaxy Gear memiliki layar sentuh dengan luas 1,6 inchi dalam bingkai berlapis baja. Jam tangan pintar ini memiliki enam varian warna. Tak seperti rumor yang beredar sebelumnya, Samsung tidak menggunakan layar fleksibel di peranti ini. Peranti ini terkoneksi dengan telepon pintar (smartphone) melalui jaringan nirkabel wifi. Gear bisa memberitahu penggunanya jika ada telepon masuk ke smartphone, atau SMS dan email.

Berbeda dengan produk smartwatch dari pesaingnya, Galaxy Gear memungkinkan penggunanya melakukan panggilan telepon tanpa harus membuka smartphone. Malah, konsumen bisa mendekatkan jam tangan pintar itu ke telinga untuk mendengarkan suara lawan bicara, dan konsumen juga bisa bicara menggunakan mikrofon di Galaxy Gear untuk bicara.

Galaxy Gear juga dilengkapi kamera kecil dengan resolusi 1,9 megapiksel pada tali pengikat pergelangan tangan. Peranti ini dilengkapi media penyimpanan berkapasitas 4 gigabita. Samsung melengkapi Gear dengan 10 pilihan tampilan jam, serta 70 aplikasi---termasuk Evernote, Path, eBay, serta sejumlah peranti lunak untuk kebugaran.

Tenaga jam mengandalkan batere yang tidak bisa dilepas.

Menurut rencana, Galaxy Gear akan mulai dikapalkan pada 25 September mendatang.

Kekurangan

Banyak analis memperingatkan para produsen elektronik mengenai keterbatasan dari smartwatch. Jam tangan pintar seperti yang diluncurkan Casio, Sony atau Samsung dianggap hanya menjadi aksesoris dari telepon pintar. Aksesoris semacam ini memiliki keterbatasan, karena tidak bisa digunakan secara mandiri---dan harus selalu terhubung dengan smartphone (iPhone atau Android Phone).

"Konsumen mungkin akan sedikit kecewa bila mengetahui bahwa jam tangan pintar Galaxy Gear itu hanya menjadi pasangan dari peranti lain seperti smartphone Samsung Android atau tablet. Ini bukan peranti yang bisa dipakai secara otonom dan mandiri untuk berkomunikasi, yang sejatinya sangat diharapkan oleh banyak konsumen," kata Chris Green, analis dari lembaga konsultan Davies Murphy Group.

Galaxy Gear akan dilepas di pasaran seharga 300 dolar atau sekitar Rp3,3 juta rupiah. Harga peranti ini lebih mahal dibanding Sony Smartwatch 2 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp2 juta. Sementara jam tangan buatan Pebble dilepas dengan harga Rp1,6 juta.

Tahun ini Galaxy Gear akan mendapat tantangan serius dari perusahaan Omate. Perusahaan ini akan meluncurkan jam tangan pintar TrueSmart, berkemampuan 3G yang bisa digunakan secara mandiri untuk melakukan panggilan telepon tanpa harus dipasangkan dengan smartphone. TrueSmart akan dilengkapi kamera 5 megapiksel. (AFP/BBC)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

What's Up Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Presiden Didesak Taati Tuntutan Usai Kasasi Karhutla Ditolak MA

News Beat

Kabar Baru Jam 7