Utusan PBB Bertemu Muslim Rohingya di Burma

KBR68H- Seorang utusan khusus HAM PBB berkunjung ke negara bagian Rakhine di Burma setelah kekerasan kembali pecah di kawasan itu.

INTERNASIONAL

Rabu, 14 Agus 2013 09:46 WIB

Author

Made Yoni

Utusan PBB Bertemu Muslim Rohingya di Burma

Utusan PBB, Muslim Rohingya, Burma

KBR68H- Seorang utusan khusus HAM PBB berkunjung ke negara bagian Rakhine di Burma setelah kekerasan kembali pecah di kawasan itu.

Ketika melawat kamp-kamp umat Muslim Rohingya yang terlantar, Tomas Ojea Quintana menghimbau warga agar bersatu dan mencari solusi damai atas kekerasan disana.

Ia juga bertemu sejumlah warga komunitas Buddha Rakhine serta pejabat pemerintah negara bagian tersebut.

Juru Bicara negara bagian Rakhine U Hla Thein mengatakan sudah ada prakrasa untuk membangun kembali rasa percaya antara warga Buddha dan Muslim di sana.

Rangkaian kekerasan antara umat Islam dan Buddha di Rakhine tahun lalu menewaskan lebih dari 200 orang dan menelantarkan 140.000 lainnya. Bentrokan antara polisi dan umat Rohingya minggu lalu menewaskan satu orang dan melukai beberapa lainnya.

Setelah berkunjung ke Rakhine, Quintana singgah di Rangoon untuk bertemu Civil Society, sebuah LSM yang mewakili sejumlah kelompok HAM dan pro-demokrasi.(VOA)

Editor: Suryawijayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Belgia Kewalahan Hadapi Gelombang Pandemi

Penerimaan Masyarakat terhadap Vaksin Covid-19 Masih Rendah

Ronde 6 - Petani Tembakau

Kabar Baru Jam 8