INTERNASIONAL

Korea Utara Ciptakan Smartphone

Korea Utara Ciptakan Smartphone

KBR68H- Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memuji keberhasilan negaranya atas produksi smartphone buatan sendiri.

Kantor berita Korea Utara KCNA melaporkan, negara itu memang telah mulai memproduksi smartphone ciptaan sendiri, meskipun akses sebagian besar penduduk ke jaringan internet dan telepon sangat terbatas.

Memiliki nama “Arriang” seperti judul lagu rakyat Korea, smartphone ini memiliki fitur layar sentuh dan memiliki kamera dengan piksel yang tinggi.

Kim Jong Un mengatakan, sangat menyenangkan melihat sebuah ponsel di buat dengan teknologi lokal. Ini akan menambah daftar barang-barang yang diproduksi missal dengan mereka dagang Korea Utara, yang juga akan menimbulkan kebanggaan nasional.

Meskipun begitu, ada juga sikap skeptis mengenai kemampuan teknologi yang dimiliki Korea Utara. Editor situs North Korea Tech, Martyn Williams mengatakan, kemungkinan ponsel itu dibuat di Cina, lalu dikirim ke pabrik untuk diperiksa sebelum akhirnya dipasarkan.

“Para pekerja di pabrik itu menerima barang jadi, lalu mereka akan memeriksa dan mencobanya, dan sebenarnya tidak memproduksi apa-apa,” kata Williams.(CNN)

Editor: Suryawijayanti
 

  • Korea Utara
  • Smartphone

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!