Kemenangan Mugabe di Pemilu Zimbabwe Digugat

KBR68H, Washington - Partai oposisi utama Zimbabwe telah menggugat kemenangan Presiden Robert Mugabe dalam pemilu dan partainya ZANU-PF.

INTERNASIONAL

Sabtu, 10 Agus 2013 09:09 WIB

Author

Nurviana Mubtadi

Kemenangan Mugabe di Pemilu Zimbabwe Digugat

robert mugabe, pemilu zimbabwe, digugat

KBR68H, Washington - Partai oposisi utama Zimbabwe telah menggugat kemenangan Presiden Robert Mugabe dalam pemilu dan partainya ZANU-PF.

Gerakan Bagi Perubahan Demokrasi (MDC) mengajukan dokumen gugatan itu ke Mahkamah Konstitusi Zimbawe, Jumat, dengan mengatakan bahwa pemilu presiden tanggal 31 Juli itu diwarnai kecurangan yang memenangkan presiden berusia 89 tahun itu.

Juru bicara partai Douglas Mwonzora memberitahu wartawan bahwa MDC menghendaki pemilu itu “dinyatakan batal demi hukum,” dan menyerukan pemilu baru dalam 90 hari.

Upaya hukum itu muncul satu hari setelah komisi pemilu ZimbBawe mengatakan hampir 305 ribu orang dilarang memberikan suara mereka pada hari pemilu, sebagian besar karena adanya masalah dengan daftar pemilih yang sah, dan bahwa petugas TPS memberikan “bantuan” kepada lebih dari 200,000 lainnya.

Dalam pernyataan hari Kamis, MDC mengatakan pernyataan komisi pemilu itu “membenarkan” anggapannya bahwa pemilu itu “lelucon besar.” (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri

Alokasi Bijak THR Masa Pandemi

Atasi Duka Sepeninggal Orang Tersayang

Kontroversi Pembatalan SKB 3 Menteri soal Seragam