BERITA

Honda Bayar Kompensasi Karena Dituding Diskriminasi

"Menanggapi kasus ini, Honda mengatakan pihaknya menentang keras segala bentuk diskriminasi dan akan bekerja sama dengan para penyalur untuk menyesuaikan program-program pembiayaan. "

Honda Bayar Kompensasi Karena Dituding Diskriminasi
Logo Honda. Foto: Antara

KBR - Perusahaan penyedia pinjaman Honda Amerika Serikat (American Honda Finance Corporation) diharuskan membayar ganti rugi sebesar US$24 juta atau sekira Rp320 miliar kepada konsumen, karena dituduh melakukan diskriminasi kepada pembeli dari kelompok minoritas.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat dan Biro Perlindungan Keuangan mengatakan, sejak 2011, American Honda Finance Corporation mengizinkan para penyalur untuk menarik bunga lebih tinggi atas pinjaman pembiayaan yang diajukan oleh pembeli-pembeli dari kalangan keturunan Afrika, keturunan Hispanik dan kelompok-kelompok minoritas lain.

Konsumen dari kalangan keturunan Afrika, misalnya harus membayar rata-rata sekitar US$250 lebih besar dibanding pembeli berkulit putih. Sementara warga Amerika Serikat keturunan Asia harus membayar US$150 lebih tinggi. Kini dengan adanya kompensasi hukum itu, konsumen yang terpengaruh akan menerima ganti rugi.

Menanggapi kasus ini, Honda mengatakan pihaknya menentang keras segala bentuk diskriminasi dan akan bekerja sama dengan para penyalur untuk menyesuaikan program-program pembiayaan. Sebagai info, Perusahaan penyedia pinjaman milik Honda yang bermarkas di California tersebut selama ini menawarkan paket pembiayaan melalui penyalur-penyalur mobil. (BBC)  

  • ganti rugi Honda
  • Honda diskriminatif
  • kompensasi diskriminasi
  • ganti rugi diskriminasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!