Bagikan:

Sengaja Lewat Ukraina, MH17 Disebut Ingin Menghemat Bahan Bakar

KBR - Maskapai Penerbangan Malaysia Airlines disebut sengaja menggunakan rute penerbangan yang lebih dekat ke Amsterdam dengan melewati kawasan konflik, Ukraina-Rusia. Dugaan itu mengutip analisa ahli penerbangan di Daily Telegraph.

INTERNASIONAL

Jumat, 18 Jul 2014 17:43 WIB

Sengaja Lewat Ukraina, MH17 Disebut Ingin Menghemat Bahan Bakar

SBY, malaysia, mh17

KBR - Maskapai Penerbangan Malaysia Airlines disebut sengaja menggunakan rute penerbangan yang lebih dekat ke Amsterdam dengan melewati kawasan konflik, Ukraina-Rusia untuk menghemat bahan bakar. Dugaan itu mengutip analisa ahli penerbangan di Daily Telegraph.

Hanya saja, Menteri Transportasi Liow Tiong Lai membantahnya. Dalam jumpa persnya, Jumat (18/7) siang tadi, Liow mengatakan Malaysia Airlines sudah bertahun-tahun menggunakan rute sebelah timur. Bahkan 15 dari 16 Asosiasi Penerbangan Asia Pasifik negara juga menggunakan rute itu.

"Tidak benar. Seperti disebutkan, telah selama bertahun-tahun MAS telah mengambil rute yang sama dan ada banyak negara lain mengambil rute yang sama," kata Liow di Hotel Sepang.

Liow menekankan bahwa rute itu dinyatakan aman oleh Civil Aviation Organisation Internasional (ICAO) dan MAS tidak pernah diberikan pemberitahuan untuk tidak menggunakan rute. Dia menambahkan setelah insiden tertembaknya MH17, rute itu ditutup.

"Setelah ini (insiden), ICAO telah menyarankan rute yang berbeda dan mereka telah menutup rute ini," katanya.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Pengungsi dan Persoalan Regulasi di Indonesia