Happy World Tiger Day

Hari Harimau Internasional 2014 dilakukan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi harimau sebagai populasi dengan jumlah yang selalu menurun.

INTERNASIONAL

Selasa, 29 Jul 2014 11:22 WIB

Author

Garnis Geani

Happy World Tiger Day

harimau

KBR - Hari Harimau Internasional 2014 dilakukan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi harimau sebagai populasi dengan jumlah yang selalu menurun. 


Setiap tanggal 29 Juli, selalu ada himbauan yang diberikan oleh beberapa organisasi besar untuk menyelamatkan kucing besar tersebut. mereka adalah Tiger Day, WWF, Traffic, National Geographic, dan the Smithsonian Institute.


WWF Indonesia tahun ini menghimbau semua orang untuk mengurangi penggunaan kertas, tisu, dan produk lainnya yang terbuat dari kayu. Hal tersebut bertujuan agar hutan yang merupakan rumah bagi harimau tetap terjaga.


Untuk memperingati Hari Harimau Internasional, berikut beberapa fakta menarik tentang Si Kucing Besar.


Spesies. Hanya ada enam jenis harimau yang tinggal di alam liar saat ini. harimau Siberia, Bengal, Indocina, Malaya, Sumatera, dan Tiongkok Selatan. Beberapa jenis lainnya sudah punah, termasuk Harimau Bali dan Harimau Jawa. Selain itu, mereka juga dapat dikategorikan berdasarkan warna bulu. Harimau putih merupakan jenis dengan genetik langka. Hanya terjadi sekali dalam 10.000 kelahiran.


Jumlah. Jumlah mereka mselalu menurun dalam 100 tahun terakhir. Saat ini, masih ada sekitar 3.200 harimau yang hidup di alam bebas. Harimau diperkirakan telah langka karena kehilangan 93% habitat mereka. Perubahan iklim dan naiknya permukaan air laut juga menjadi ancaman untuk habitatnya. Selain itu, perburuan liar juga semakin banyak terjadi.


Perburuan liar. Tulang dan bagian tubuh harimau di China dipercaya untuk membunuh rasa sakit dan aphrodisiacs. Cakar mereka digunakan untuk mengobati insomnia. Hal tersebut yang menambah banyak angka perburuan liar terhadap harimau.


Reproduksi. Harimau pria menunjukkan status reproduksi ke perempuan dengan mengendus tanda urine mereka. Wanita hanya menerima selama beberapa hari, sehingga kawin sering terjadi selama waktu itu. Kehamilan berlangsung selama sekitar 100 hari dan biasanya antara tiga dan empat anaknya lahir. Walaupun perkawinan berlangsung cepat dan sering serta anak yang dilahirkan banyak, masih ada yang menyebabkan jumlah mereka berkurang. Harimau jantan dewasa atau ayahnya seringkali memakan anaknya sendiri. Angka kematian tersebut semakin tinggi, yaitu kurang dari separuh anak yang lahir dan hidup. (ibtimes) 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Mengenang Sosok Artidjo Alkostar

Kabar Baru Jam 8

Hari Musik Nasional dan Strategi Musisi Mencari Panggung

Kabar Baru Jam 7