Bagikan:

Di Inggris, Perempuan Boleh Jadi Uskup

Gereja Inggris mengizinkan perempuan menjadi uskup setelah perdebatan selama betahun-tahun. Hal ini terjadi setelah General Synod, sebuah badan pengawas Dewan Gereja Inggris (Church of England) sepakat untuk melakukan amandemen atas aturan yag berlaku se

INTERNASIONAL

Selasa, 15 Jul 2014 15:18 WIB

Author

Eky Wahyudi

Di Inggris, Perempuan Boleh Jadi Uskup

Inggris, uskup perempuan

KBR - Gereja Inggris  mengizinkan perempuan menjadi uskup setelah perdebatan selama betahun-tahun. Hal ini terjadi setelah General Synod, sebuah badan pengawas Dewan Gereja Inggris (Church of England) sepakat untuk melakukan amandemen atas aturan yag berlaku selama ini dalam sebuah pertemuan yang diadakan di kota York, Senin (14/7). 


Kepala Gereja Inggris, Uskup Agung Canterbury Justin Welby, mengatakan dia senang dengan hasil pertemuan itu. 

 

“Tantagan bagi kita adalah akankah gereja akan menjadikan ini sebagai model perselisihan yang baik dan terus menunjukkan kebaikkan bagi mereka yang tidak setuju dengan alasan teologis,” katanya

 

Penetapan uskup wanita juga akan segera dilaksanakan setelah aturan yang melarang wanita menjadi uskup diamandemen.

 

“Uskup wanita pertama bisa diangkat pada akhir tahun ini,” kata pihak gereja.  


Gereja Inggris pertama kali menahbiskan perempuan sebagai uskup pada 1994 dan telah berdebat apakah mereka harus menjadi uskup sejak 2005.  Pada Rapat Umum Sinode 2012, rancangan undang-undang yang memungkinkan perempuan untuk menjadi uskup gagal karena tidak mendapatkan mayoritas suara.

 

Gereja Inggris adalah gereja terbesar dari Komuni Anglikan, dengan lebih dari 26 juta anggota dibaptis. Persekutuannya mewakili lebih dari 85 juta orang di 165 negara, termasuk Gereja Episkopal AS. Gereja Inggris memisahkan diri dari Gereja Katolik di abad ke-16. (cnn) 


Editor: Antonius Eko 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Subsidi dan Tata Kelola Pupuk Indonesia

Most Popular / Trending