Boko Haram Kuasai Kota Damboa

Kelompok islam militan Boko Haram, berhasil mengambil kendali atas Damboa, sebuah kota strategis di Provinsi Borno, timur laut Nigeria.

INTERNASIONAL

Selasa, 22 Jul 2014 12:39 WIB

Author

Dirgantara Reksa

Boko Haram Kuasai Kota Damboa

nigeria, boko haram

KBR - Kelompok islam militan Boko Haram, berhasil mengambil kendali atas Damboa, sebuah kota strategis di Provinsi Borno, timur laut Nigeria.


"Pasukan rakyat yang mempertahankan kota telah tersingkir dan Boko Haram telah mengibarkan bendera hitamnya di pintu gerbang kota Damboa," kata seorang pemimpin pasukan rakyat. 


Ia menambahkan Setidaknya 40 orang terbunuh ketika Boko Haram menyerang kota Damboa pada Jumat (18/7) lalu. Kemudian Boko Haram juga telah membuat pos pemeriksaan di jalan menuju Damboa dan menarik pungutan kepada para pelintas.


Damboa memiliki akses jalan ke markas Boko Haram di hutan Sambisa, dimana para gadis perempuan yang diculik diduga berada di sana.Pasukan pemerintah mencoba untuk mengambil kembali Damboa namun gagal.


Juru bicara pasukan pemerintah, Chris Olukolade mengatakan pasukannya sedang mempersiapkan untuk mengambil kendali kota itu kembali. "Kami tidak akan menyerahkan sedikit pun wilayah kami kepada Boko Haram," kata Chris.


Damboa merupakan salah satu kota terbesar di Provinsi Borno yang berperan sebagai pusat perdagangan. Damboa berada sejauh 85 KM dari kota Maiduguri, markas Boko Haram sebelum akhirnya disingkirkan oleh pasukan pemerintah pada 2013.


Dalam pertempuran tersebut sejumlah pembangkit listrik rusak dan mengakibatkan kota-kota sekitar tidak dialiri listrik untuk beberapa waktu. (bbc) 


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak