covid-19

Transplantasi Kepala Bukan Lagi Hal yang Mustahil

KBR68H - Saat ini terbuka kemungkinan bahwa dokter dapat menyembuhkan penyakit seperti kanker dengan melakukan transplantasi kepala manusia, kata seorang ilmuwan syaraf di Italia.

INTERNASIONAL

Kamis, 04 Jul 2013 14:43 WIB

Transplantasi Kepala Bukan Lagi Hal yang Mustahil

transplantasi kepala, kedokteran

KBR68H - Saat ini terbuka kemungkinan bahwa dokter dapat menyembuhkan penyakit seperti kanker dengan melakukan transplantasi kepala manusia, kata seorang ilmuwan syaraf di Italia.

Dr Sergio Canavero, anggota Turin Advanced Neuromodulation Group, percaya bahwa prosedur transplantasi ini tidak hanya bisa digunakan di masa depan, tapi saat ini dengan teknologi yang sudah ada.

“Ini bukan lagi sekadar fiksi ilmiah. Transplantasi kepala manusia bisa saja dilakukan saat ini,” kata Dr Canavero. “Jika operasi seperti ini berhasil, banyak orang akan terselamatkan untuk hidup lebih lama. Satu-satunya alasan transplantasi belum dilakukan lebih jauh adalah karena dana.”

Menurut sebuah laporan video, Dr Canavero telah menawarkan panduan untuk melakukan transplantasi kepala manusia—termasuk menginduksi hipotermia pada donor dan penerima, dan menghubungkannya kembali ke badan penerima dalam waktu satu jam.

Klaim oleh Dr Canavero ini didasari prosedur yang sudah dilakukan pada monyet di tahun 1970 oleh Dr Robert White. Saat ini hewan tersebut tetap hidup selama para dokter menyambung kembali tali tulang belakang mereka.
“Hambatan teknis terbesar untuk usaha seperti ini terntu saja rekoneksi donor dengan tali tulang belakang penerima,” kata Dr Canavera menceritakan penelitiannya.

Klaim ini mendapat banyak kritik, termasuk dari Dr Jerry Perak yang pada tahun 1970 ikut dalam transplantasi Dr White. “Saya ingat bahwa kepala akan bangun, tapi dengan ekspresi wajah yang kesakitan, kebingungan, dan penuh kecemasan. Kepala akan tetap hidup, tapi tidak terlalu lama,” kata Dr Silver.”Itu mengerikan. Menurut saya hal tersebut jangan dilakukan lagi.” (HuffPost)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7