Terbukti, Mendengarkan Musik Kurangi Rasa Sakit

Konon katanya saat sakit hati dengarkanlah musik lembut, maka sakit hati itu semakin lama akan semakin hilang. Itu soal perasaan, lalu bagaimana dengan sakit fisik? Misal sakit gigi, atau luka berdarah dan harus dijahit.

INTERNASIONAL

Rabu, 17 Jul 2013 10:04 WIB

Author

Suryawijayanti

Terbukti, Mendengarkan Musik Kurangi Rasa Sakit

penelitan, sakit, musik

KBR68H- Konon katanya saat sakit hati dengarkanlah musik lembut, maka sakit hati itu semakin lama akan semakin hilang. Itu soal perasaan, lalu bagaimana dengan sakit fisik? Misal sakit gigi, atau luka berdarah dan harus dijahit. Apakah rasa sakit juga bisa berkurang dengan mendengarkan musik?  Penelitian di Universitas Alberta, Kanada menyimpulkan musik akan mengurangi rasa nyeri.

Penelitian yang dipimpin oleh Lisa Hartling ini melibatkan 42 anak-anak yang berusia antara 3 hingga 11 tahun yang dirawat di Rumah Sakit Stollery Children's. Saat dipasang infus sebagian sambil mendengarkan  musik, sementara yang lain tidak. Para peneliti kemudian mengukur tekanan darah, tingkat rasa sakit yang dirasakan anak-anak ini termasuk detak jantungnya. 

Hasilnya, anak-anak yang mendengarkan musik, mengaku tak terlalu sakit ketika menjalani semua prosedur. Para tenaga kesehatan juga mengakui jika 76 persen anak-anak yang mendengarkan musik, lebih mudah untuk memasang infus.

"Kami menemukan perbedaan tingkat rasa sakit anak-anak - anak-anak di kelompok musik memiliki sedikit rasa sakit.Temuan ini penting secara klinis dan itu adalah intervensi sederhana yang dapat membuat perbedaan besar," kata Dr Hartling

"Ada semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa otak merespon musik dan jenis musik yang berbeda dengan cara yang sangat spesifik," kata Dr Hartling. (Dailymail)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17