Presiden Burma: Akhir 2013, Tak Ada Lagi Tapol

emerintah Burma kembali menjanjikan untuk membebaskan para tahanan politik mereka. Presiden Burma Thein Sein mengatakan seluruh tahanan politik di negara itu akan dibebaskan sebelum atau pada akhir tahun ini.

INTERNASIONAL

Selasa, 16 Jul 2013 12:33 WIB

Author

Agus Luqman

Presiden Burma: Akhir 2013, Tak Ada Lagi Tapol

presiden burma, tahanan politik, Thein Sein

KBR68H - Pemerintah Burma kembali menjanjikan untuk membebaskan para tahanan politik mereka. Presiden Burma Thein Sein mengatakan seluruh tahanan politik di negara itu akan dibebaskan sebelum atau pada akhir tahun ini.

Pernyataan itu disampaikan Thein Sein dalam kunjungan pertamanya ke London, Inggris. Pembebasan tahanan politik merupakan salah satu janji yang terus disuarakan Thein Sein sejak ia memegang tampuk kekuasaan dari junta militer pada 2011 lalu.

"Saya berani menjamin pada Anda semua, bahwa pada akhir tahun ini tidak akan ada lagi tahanan politik di Burma," kata Thein Sein dalam dialog di Chatham House, sebuah lembaga think-tank di London.

Selain berencana membebaskan seluruh tahanan politik, Thein Sein juga menjanjikan gencatan senjata dengan beberapa kelompok etnis yang terlibat konflik dalam beberapa pekan ke depan. Selama bertahun-tahun, pemerintah Burma terus dipusingkan dengan konflik lusinan kelompok etnis. Termasuk kekerasan di negara bagian Rakhine akhir tahun lalu yang menewaskan 200 orang. Sebagian korban dari etnis Rohingya yang tidak diakui sebagai warga negara itu. (AFP)
 
Editor: Suryawijayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8