Orang Dewasa dengan Diabetes Berisiko Menderita Cacat

KBR68H - Orang dewasa yang mengidap diabetes punya peluang 50-80% lebih besar untuk menderita cacat dibandingkan dengan orang tanpa penyakit ini.

INTERNASIONAL

Rabu, 24 Jul 2013 16:29 WIB

Author

Feriani Untari

Orang Dewasa dengan Diabetes Berisiko Menderita Cacat

orang dewasa, diabetes, menderita cacat

KBR68H - Orang dewasa yang mengidap diabetes punya peluang 50-80% lebih besar untuk menderita cacat dibandingkan dengan orang tanpa penyakit ini.

Para peneliti di Baker IDI Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia, mengungkapkan hasil penelitian yang telah melalui lebih dari 3.200 studi yang telah dipublikasikan yang mengeksplorasi hubungan antara diabetes dan cacat. Studi tersebut akhirnya dipersempit menjadi hanya 26 studi.

Sebagian besar orang dalam studi ini berusia di atas 65 - kategori usia dimana diabetes tipe 2 juga disebut diabetes onset dewasa - mendominasi.

Kecacatan didefinisikan sebagai salah satu gangguan mobilitas atau gangguan kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti mandi, makan, menggunakan telepon, belanja dan menggunakan transportasi.

Pemimpin epidemiolog, Anna Peeters, mengatakan hubungan antara diabetes dan cacat telah lama diketahui tetapi sampai sekarang masih belum diidentifikasi dengan baik. Penyebabnya masih misterius, katanya.

"Ada kemungkinan bahwa konsentrasi glukosa darah tinggi yang dialami oleh penderita diabetes menyebabkan peradangan otot kronis, yang akhirnya  dapat mengakibatkan cacat fisik. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa diabetes berhubungan dengan pembuangan otot yang cepat dan memburuk," lanjutnya.

"Komplikasi yang terkait dengan diabetes, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal, semua bisa menyebabkan kecacatan. Seiring dengan usia populasi dunia, dan diabetes menjadi lebih umum, dan tampak jelas bahwa kita akan melihat peningkatan kebutuhan sumber daya kecacatan yang berhubungan dengan kesehatan."

Makalah ini muncul dalam jurnal The Lancet Diabetes and Endokrinologi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO), 347 juta orang di seluruh dunia mengidap diabetes, penyakit dimana tubuh gagal untuk memecah glukosa dalam darah melalui hormon insulin. 90% dari mereka mengidap diabeter tipe 2, yang biasanya muncul di masa dewasa atau akhir masa kanak-kanak, disebabkan oleh obesitas dan gaya hidup. (CNA)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17