covid-19

Omega-3 pada Ikan Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

KBR68H - Sebuah studi menyimpulkan, wanita yang banyak mengonsumsi omega-3 beresiko rendah terserang kanker payudara.

INTERNASIONAL

Rabu, 03 Jul 2013 12:00 WIB

Author

Yuthi Fatimah

Omega-3 pada Ikan Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

omega-3, ikan, kanker payudara, penelitian

KBR68H - Sebuah studi menyimpulkan, wanita yang banyak mengonsumsi omega-3 beresiko rendah terserang kanker payudara.

Para peneliti Cina menganalisis hasil dari 26 studi internasional yang melibatkan hampir 900.000 perempuan, termasuk 20.000 diantaranya menderita kanker payudara. Ilmuwan tersebut menemukan, wanita yang mengonsumsi banyak ikan yang mengandung tinggi omega-3, 14% lebih rendah untuk terserang kanker payudara dibandingkan mereka yang makan dengan jumlah sedikit.

Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan adanya hubungan terserangnya penyakit tersebut dengan jumlah konsumsi makanan yang mengandung omega-3. Setiap kenaikan 0,1 gram omega-3 perhari maka akan mendapat risiko 5% lebih rendah mengalami kanker payudara. Misalnya, satu porsi ikan seperti salmon mengandung sekitar empat gram omega-3 asam lemak. Omega-3 asam lemak sendiri telah disebut-sebut selama bertahun-tahun yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

Penelitian ini sangat signifikan bagi wanita Asia yang mengonsumsi ikan lebih banyak dibandingkan perempuan Eropa dan Amerika Utara.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi temuan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) untuk merekomendasi masyarakat di seluruh dunia agar mengonsumsi ikan berminyak dua kali seminggu, namun bukan mengonsumsi suplemen minyak ikan.

Omega-3 asam lemak sendiri telah ditemukan untuk meningkatkan fungsi otak dan masalah kulit tertentu. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga karena dimungkinkan senyawa lain yang ditemukan pada ikan, seperti pestisida dan logam berat dari pencemaran lingkungan yang dapat mengurangi efek protektif omega-3. (CBS)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Niatan Berantas Intoleransi di Lingkungan Pendidikan

Kabar Baru Jam 7

Akses Pendidikan untuk Asa Masa Depan Anak Pemulung