Hati-Hati, Kurang Tidur Picu Serangan Jantung

Selama ini untuk mencegah penyakit jantung, dokter selalu menyarankan untuk olahraga teratur, menghindari alkohol, merokok dan diet sehat

INTERNASIONAL

Rabu, 03 Jul 2013 09:51 WIB

Author

Suryawijayanti

Hati-Hati, Kurang Tidur Picu Serangan Jantung

tidur, jantung

KBR68H- Selama ini untuk mencegah penyakit jantung, dokter selalu menyarankan untuk olahraga teratur, menghindari alkohol, tidak merokok dan diet sehat. Namun, berdasarkan penelitian, kurang tidur ternyata juga bisa memicu penyakit jantung, seperti merokok.

Mereka yang selama ini menjalankan pola hidup sehat, memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Namun jika itu ditambah dengan kebiasaan tidur minimal 7 jam, akan menurunkan resiko terkena serangan jantung.

"Dengan gaya hidup sehat dapat menunda atau bahkan mencegah 57 persen kematian yang berhubungan dengan jantung,namun, bila dikombinasikan dengan tidur yang cukup,  meningkat hingga 22 persen,"kata sebuah studi di European Journal of Preventive Cardiology, yang meneliti risiko penyakit kronis untuk 14.000 orang yang berusia 20-an lebih.
 
"Pentingnya tidur sekarang harus disebutkan sebagai cara tambahan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," ujar peneliti utama,  Monique Verschuren, dari Institut Nasional untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan di Belanda.(dailymail)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Pemerintah Dinilai Lamban Antisipasi Gagal Panen di Musim Kemarau

Menyiasati Mahalnya Biaya Pendidikan

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13