Berkeringat Sehabis Olahraga Bisa Mengurangi Risiko Stroke

KBR68H

INTERNASIONAL

Senin, 22 Jul 2013 12:25 WIB

Author

Johan Prasetyo

Berkeringat Sehabis Olahraga Bisa Mengurangi Risiko Stroke

berkeringat, olahraga, risiko, stroke

KBR68H – Mengeluarkan banyak keringat mungkin salah satu efek yang kurang menyenangkan dari berolahraga. Namun, mengeluarkan banyak keringat justru bisa mengurangi kemungkinan untuk terkena stroke. Berdasarkan penelitan, peneliti mengungkapkan bahwa seseorang yang jarang berolahraga memiliki risiko 20 persen lebih banyak untuk terkena stroke atau mini stroke, dibandingkan dengan orang yang berolahraga minimal 4 kali seminggu.

Diantara pria yang diteliti, ternyata hanya mereka yang berolahraga dengan intensitas yang sama selama empat kali atau lebih dalam seminggu yang berkurang risiko strokenya. Namun, untuk wanita, hubungan antara stroke dan frekwensi aktivitas fisik tidak terlalu jelas.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal stroke, melihat lebih dari 27.000 warga Amerika dengan umur 45 tahun ke atas yang telah diikuti kesehariannya dengan rata-rata 5,7 tahun. Penulis jurnal tersebut, Doktor Michelle McDonnell, yang juga pembicara dalam Ilmu Kesehatan di University of South Australia mengatakan: “Manfaat dari aktivitas fisik dan penurunan risiko stroke ternyata memiliki dampak terhadap resiko lainnya. Olahraga mengurangi tekanan darah, berat dan diabetes. Jika olahraga adalah sebuah obat, anda akan memakai satu obat untuk mengobati empat atau lima kondisi lainnya.”

Penelitian mendukung studi sebelumnya yang menemukan bahwa fisik yang tidak aktif merupakan yang kedua tertinggi dalam menyebabkan tekanan darah tinggi yang menjadi faktor penyebab stroke. Kesimpulan didasarkan oleh keterangan data dari frekwensi berolahraga, namun bukan lamanya orang untuk aktif secara fisik setiap harinya.

Partisipan dibagi secara rata berdasarkan warna kulit dan jenis kelamin mereka, yang sebagian besar berasa dari kota “sabuk stroke” di Amerika Tenggara.

Doktor MCDonnell menambahkan: “kami dapat memberitahu anda seberapa besar resiko stroke ysng berkurang dari banyaknya rokok yang anda kurangi atau setiap kali anda menurunkan tekanan darah. Tetapi kami tetap membutuhkan studi yang baik dari resiko stroke yang dapat anda kurangi dengan menjalani olahraga.” (Dailymail)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Tanda Kekuasaan Allah di Mesir

Siapa Nama Firaun pada Masa Nabi Musa

Kabar Baru Jam 7

Prokes Buat Objek Wisata, Mungkin Diterapkan?

Surat At-Tin: Ayat-ayat Berupa Fakta Arkeologi