Bagikan:

Berkebun Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

Anda tengah dalam suasana hati yang buruk? Sibuk dengan pekerjaan yang menumpkuk? Atau stress berkepanjangan? Untuk menyemangati hari Anda, ada cara yang murah meriah, yakni berkebun.

INTERNASIONAL

Senin, 15 Jul 2013 10:23 WIB

Berkebun Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

berkebun, bahagia, gardener wold

KBR68H- Anda tengah dalam suasana hati yang buruk? Sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk? Atau stress berkepanjangan? Untuk menyemangati hari Anda, ada cara yang murah meriah, yakni berkebun. Sebuah survey yang digelar Majalah Gardeners’ World menemukan keterkaitan antara berkebun dan kebahagiaan. 

Hasil jejak pendapat yang melibatkan 1500 responden menyimpulkan lebih dari 90 persen, para responden memilih berkebun untuk memperbaiki suasana hati yang tengah terpuruk.  Berkebun bisa menangkal depresi, meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih berharga. 

"Kami telah lama menduga itu, tetapi penelitian ini menguatkan kesimpulan kami selama ini, jika berkebun membuat kita lebih bahagia,"Kata Editor Majalah Gardeners’ World, Lucy Hall.

Dengan berkebun, tak hanya kesenangan merawat tanaman yang didapat, namun juga bisa mengambil hikmah tentang optimisme, dimana seburuk apapun masalah yang dialami, selalu ada hari esok,"tambah Lucy Hall. 

Sementara itu, Profesor lingkungan dan masyarakat di University of Essex, Jules Pretty, mengatakan: "Penelitian ilmiah di sejumlah universitas, termasuk di Universitas Essex, dengan jelas menunjukkan ruang terbuka hijau, baik untuk kesehatan. Kita juga tahu bahwa perbaikan kesehatan jangka pendek bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang. Berkebun, baik untuk kesehatan baik mental maupun fisik, menjangkau semua lapisan sosial dan kelompok umur.

"Sebuah tantangan bagi para pembuat kebijakan untuk menambah ruang terbuka hijau  agar warga lebih leluasa melalukan aktivitas fisik di luar rumah,"tambahnya.

Jadi apakah Anda kurang bersemangat hari-hari ini? Ada baiknya mengambil waktu untuk berkebun. Menikmati bunga-bunga yang bermekaran akan membuat hati Anda lebih tenang. (Dailymail) 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Pengungsi dan Persoalan Regulasi di Indonesia