Apakah Ikan Bisa Merasakan Sakit?

Apakah ikan bisa merasakan sakit? Pertanyaan yang menjadi perdebatan sejak dulu dan belum ada jawaban yang pasti. Sebuah penelitian terbaru menyatakan jika ikan tidak bisa merasakan sakit. Pasalnya ikan tidak memiliki reseptor rasa sakit di otak mereka se

INTERNASIONAL

Rabu, 03 Jul 2013 11:34 WIB

Author

Suryawijayanti

Apakah Ikan Bisa Merasakan Sakit?

ikan, sakit

KBR68H- Apakah ikan bisa merasakan sakit? Pertanyaan yang menjadi perdebatan sejak dulu dan belum ada jawaban yang pasti. Sebuah penelitian terbaru menyatakan jika ikan tidak bisa merasakan sakit. Pasalnya ikan tidak memiliki reseptor rasa sakit di otak mereka seperti yang dimiliki oleh manusia dan hewan lainnya.  Reseptor ini berfungsi menanggapi sensor yang merusak dan mengirimkan sinyal ke otak.

Para peneliti mengklaim nociceptors, yang dikenal sebagai C-serat nociceptors, yang mengakibatkan rasa nyeri pada manusia jarang terjadi pada ikan.

Temuan ini bertolak belakang dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan ikan juga bisa merasakan sakit.  Dalam sebuah studi tahun 2003, bibir ikan disuntik larutan asam. Ikan langsung bereaksi, menggosok bibir mereka di samping atau bawah tangki.

Sementara sebuah studi pada 2009 menemukan bahwa setelah mengalami peristiwa yang menyakitkan, ikan menunjukkan perilaku defensif atau menghindari, menunjukkan ikan merasakan nyeri.

Perdebatan soal ikan ini juga terkait dengan tudingan yang selalu dialamatkan ke pemancing.

"Ada banyak konflik seputar isu ikan, apakah mereka bisa merasakan sakit atau tidak, dan seringkali pemancing digambarkan sebagai orang yang sadis dan kejam," kata salah satu peneliti Robert Arlinghaus. "Ini adalah konflik sosial yang tidak perlu." (livescience)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Sudahkah Nasabah Asuransi Terjamin?

Aji: Waspada Tapi Jangan Bunuh Ular

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13