BERITA

Minuman Sangat Panas Berpotensi Sebabkan Kanker

Ilustrasi (Foto: Pexel)

KBR – Badan Kesehatan Dunia menyatakan minuman yang sangat panas kini dikategorikan berpotensi menyebabkan kanker kerongkongan pada manusia. Tepatnya, minuman yang bersuhu lebih dari 65 derajat Celcius. Hasil penelitian ini diungkapkan oleh Agensi Internasional untuk Riset Kanker (IARC), yang berada di bawah WHO.

Kanker kerongkongan adalah penyebab kanker ke-8 yang paling sering ditemukan di seluruh dunia. Tahun 2012, tercatat ada 400 ribu kematian akibat kanker ini.

“Hasil penelitian menunjukkan kalau minum minuman yang bersuhu tinggi adalah salah satu kemungkinan penyebab kanker kerongkongan. Yang utama adalah suhunya, bukan jenis minumannya,” kata Direktur IARC, Christopher Wild.

Sebelumnya, kopi diklasifikasi sebagai kemungkinan penyebab kanker pada 1991. Namun penemuan terbaru menunjukkan kalau pecinta kopi tak perlu lagi khawatir.

IARC mengaku sudah melakukan eksperimen soal ini kepada tikus. Dari situ ditemukan kalau cairan yang sangat panas, termasuk air, bisa mendorong pertumbuhan tumor.

Juru bicara WHO di Jenewa, Gregory Hartl menekankan bahwa merokok dan minum minuman beralkohol adalah faktor serius penyebab kanker kerongkongan. Ini, kata dia, yang lebih penting dikurangi sebagai langkah prioritas.

Tahun lalu, IARC menyebut kalau daging yang diproses bisa menyebabkan kanker setelah mengkaji lebih dari 1000 kajian ilmiah terkait manusia dan hewan. (Reuters, The Guardian, CNN)  

  • kopi
  • minuman panas
  • kanker

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!