BERITA

Publik Internasional Kecam Vonis Cambuk 1000 Kali Blogger Arab

"Sebelumnya, Mahkamah Agung Arab Saudi menetapkan Raif Badawi menjalani hukuman penjara 10 tahun dan cambuk 1000 kali atas dugaan penghinaan terhadap Islam. "

Publik Internasional Kecam Vonis Cambuk 1000 Kali Blogger Arab
Hukuman Cambuk. Foto: Antara

KBR- Publik internasional mengecam vonis cambuk dan penjara bagi penulis blog, Raif Badawi. Warga di berbagai kota di dunia mengungkapkan penentangan atas hukuman tersebut melalui berbagai aksi. Sebelumnya, Mahkamah Agung Arab Saudi menetapkan penulis blog, Raif Badawi untuk menjalani hukuman penjara 10 tahun dan hukuman cambuk 1000 kali atas dugaan penghinaan terhadap Islam. Keputusan itu dikeluarkan setelah pihak berwenang Arab Saudi mengajukan peninjauan kembali. Pengadilan tertinggi Arab Saudi mengukuhkan hukuman itu.

Badawi dinyatakan bersalah lantaran melakukan kejahatan di dunia maya dan dituduh menghina Islam. Penulis blog terkenal itu, telah menjalani hukuman cambuj tahap pertama sebanyak 50 kali di depan sebuah masjid di Jeddah. Dia menjalani hukuman cambuk itu sekali seminggu. Namun pelaksanaan hukum cambuk tahap kedua urung dilakukan karena dia belum sembuh dari cambukan sebelumnya. Istri Badawi dan organisasi-organisasi hak asasi manusia menyuarakan, pelaksanaan hukuman cambuk penuh dapat mengancam keselamatan jiwanya. (BBC)

Editor: Dimas Rizky

  • bloger
  • cambuk
  • arab
  • aksi
  • publik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!