Bagikan:

Nelson Mandela, Tokoh dengan Lima Nama Panggilan

KBR68H - Bekas Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela adalah figur internasional yang dipenjara selama 27 tahun dalam perjuangan melawan sistem apartheid yang dulu diterapkan di Afrika Selatan.

INTERNASIONAL

Kamis, 27 Jun 2013 11:18 WIB

Nelson Mandela, Tokoh dengan Lima Nama Panggilan

nelson mandela, lima nama panggilan, afrika selatan

KBR68H - Bekas Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela adalah figur internasional yang dipenjara selama 27 tahun dalam perjuangan melawan sistem apartheid yang dulu diterapkan di Afrika Selatan. Politik diskiriminasi ini berupa pengucilan oleh warga keturunan Eropa (kulit putih) terhadap penduduk kulit hitam.

Pria berumur 94 tahun yang kini sedang terbaring lemah karena infeksi paru-paru ini ternyata tak hanya dikenal dengan panggilan Nelson Mandela.  Berikut adalah lima nama lain dari Mandela:

1.Rolihlahla
Mandela dilahirkan dengan nama Rolihlahla Mandela. Ini adalah nama yang diberikan oleh ayahnya. “Rolihlahla” dalam bahasa Xhosa memiliki arti “menarik ranting dari pohonnya”. Namun biasanya orang mengartikan kata ini sebagai “pengacau” (trouble maker).

2.Madiba
Madiba adalah nama kepala suku Thembu yang pada abad ke-19 memerintah Transkei, sebuah wilayah di bagian tenggara Afrika. Mandela seringkali disebut seperti Madiba karena sama-sama menjadi sosok pemimpin yang memiliki rasa hormat dan kasih.

3.Tata
Nama ini sudah akrab dipakai di Indonesia, biasanya menjadi nama panggilan bagi perempuan. Namun di Afrika sendiri, “Tata” merujuk pada sosok “ayah”. Kata ini diambil dari Bahasa Xhosa, salah satu bahasa resmi di Afrika Selatan.

4.Khulu
Berasal dari kata “uBawomkhulu” yang dalam bahasa Xhosa berarti “kakek”. Nelson Mandela Foundation menyebut bahwa kata ini juga bisa berarti “hebat, penting, dan agung”.

5.Dalibhuga
Di usianya yang ke-16, Mandela bersama anak-anak Suku Xhosa lainnya mengikuti upacara tradisional Xhosa untuk meresmikan kedewasaannya. Pada upacara itu ia diberi nama “Dalibhuga” yang berarti “pendiri dewan”.(CNN)

Editor: Doddy Rosadi

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Aturan Jilbab Sekolah Negeri, Lampu Kuning Arah Pendidikan

Most Popular / Trending