Doa Warga Afsel untuk Kesembuhan Nelson Mandela

KBR68H, Washington - Nelson Mandela telah berjuang hampir seumur hidupnya. Pertama, melawan sistem apartheid rasis di Afrika Selatan lalu mendekam selama 27 tahun di penjara dan kemudian untuk bangsanya yang terpecah-belah sebagai presiden negara itu.

INTERNASIONAL

Jumat, 28 Jun 2013 08:00 WIB

Author

Eva Mazrieva

Doa Warga Afsel untuk Kesembuhan Nelson Mandela

doa, warga afrika selatan, nelson mandela, apartheid

KBR68H, Washington - Nelson Mandela telah berjuang hampir seumur hidupnya. Pertama, melawan sistem apartheid rasis di Afrika Selatan lalu mendekam selama 27 tahun di penjara dan kemudian untuk bangsanya yang terpecah-belah sebagai presiden negara itu.

Dalam sembilan belas hari ini Mandela kembali berjuang di sebuah rumah sakit di Pretoria. Ia melawan infeksi paru-paru serius. Selama dua minggu ia berada dalam kondisi serius tapi stabil dan dalam lima hari terakhir ia berada dalam kondisi kritis.

Presiden Jacob Zuma menjenguk Nelson Mandela untuk kedua kalinya dalam kurang dari 24 jam. Pertama pada hari Rabu dan kemudian Kamis sore.

Juru bicara kepresidenan Mac Maharaj memuji kegigihan Nelson Mandela. Kedua tokoh itu kenal dekat satu sama lain ketika dipenjara di Robben Island. Mac Maharaj memanggil bekas pemimpin itu dengan nama sukunya – Madiba.

“Kita semua tahu Madiba adalah seorang pejuang.  Ia telah menjalani begitu banyak hal, baik dari segi kesehatan maupun hal-hal lain dalam hidupnya. Ia bisa bertahan.  Saya kira ia memiliki tekad yang fenomena.  Soal ini adalah antara ia dan Tuhan”katanya.

Kantor Presiden Zuma mengkonfirmasi bahwa kesehatan pemimpin yang sakit-sakitan itu tidak mengganggu rencana Presiden Amerika Barack Obama untuk melawat ke Afrika Selatan hari Jum’at. Kedua pemimpin akan melangsungkan pertemuan bilateral hari Sabtu.

Putri Mandela Makaziwe memberitahu siaran pemerintah SABC bahwa “segala sesuatu terkait kondisi ayahnya, sudah di ambang pintu” dalam wawancara eksklusif yang ditayangkan hari Kamis.

 “Ia tidak kelihatan sehat Vuyo – maksud saya – saya tidak akan berbohong. Tetapi saya kira bagi kami semua – sebagai anak dan cucunya – kami masih berharap karena ketika kami bicara padanya, ia berusaha membuka matanya.  Ketika anda menyentuhnya, ia masih bereaksi dan saya kira – bagi kami selaku keturunannya – selama Tata masih bereaksi ketika kami bicara atau menyentuhnya, ini memberi harapan”ungkapnya.

Partai Kongres Nasional Afrika mengatakan mereka akan mulai mengadakan sessi doa harian bagi Mandela.  Juru bicara Keith Koza mengatakan partai itu menghimbau warga untuk mendoakan agar Mandela sembuh sepenuhnya.

Mandela adalah pemimpin pertama ANC dan tokoh kulit hitam pertama yang terpilih sebagai presiden dalam pemilu inklusif yang pertama di Afrika Selatan pada tahun 1994.  Mandela dianugerahi Nobel Perdamaian atas upayanya mengakhiri apartheid. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Ngobrol Serius, Tapi Santai: Tips Hadapi Hoax dan Hate Speech

Podcast Kita: Kekerasan terhadap Perempuan

Smara on 7 Podcast

Podokasi: Podcast Edukasi

Kabar Baru Jam 7