Bagikan:

Demo Tak Kunjung Selesai, Turki Ancam Gunakan Kekuatan Militer

KBR68H, Wsahington - Pemerintah Turki mengatakan mungkin akan menggunakan militer untuk membantu mengakhiri protes anti-pemerintah setelah demonstrasi yang diwarnai kekerasan selama hampir tiga pekan di beberapa kota di negara itu.

INTERNASIONAL

Selasa, 18 Jun 2013 07:59 WIB

Author

Yoni Puspandi

Demo Tak Kunjung Selesai, Turki Ancam Gunakan Kekuatan Militer

demo, turki, kekuatan militer

KBR68H, Washington - Pemerintah Turki mengatakan mungkin akan menggunakan militer untuk membantu mengakhiri protes anti-pemerintah setelah demonstrasi yang diwarnai kekerasan selama hampir tiga pekan di beberapa kota di negara itu.

Wakil Perdana Menteri Bulent Arinc hari Senin mengatakan jika kekuatan polisi tidak memadai, “unsur-unsur Angkatan Bersenjata Turki” akan membantu memulihkan ketertiban.

Pernyataannya itu muncul setelah dua serikat buruh utama Turki mengadakan pemogokan nasional memprotes tindakan keras polisi terhadap demonstran di Taman Gezi. Serikat-serikat buruh, yang secara bersama-sama mewakili ratusan ribu pekerja, menyerukan segera diakhirinya kekerasan oleh polisi.

Sebagian besar demonstrasi itu berlangsung damai, namun polisi anti huru hara hari Senin sempat berhadapan sebentar dengan sekitar 1.000 pekerja serikat buruh di ibukota, Ankara. Demonstrasi juga berlangsung di kota-kota lain, meskipun pemerintah memperingatkan bahwa aksi-aksi itu tidak akan ditoleransi.

Berbagai bentrokan kecil-kecilan dengan pengunjuk rasa terjadi di Istanbul di sela-sela demonstrasi yang diserukan oleh kelompok buruh. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?