BERITA

Dewan Gereja Asia Desak Negara-negara Asia Terbuka Pada Rohingya

"Dewan Gereja-gereja Asia (CCA) mendesak negara di Asia, khususnya Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Australia menerima pengungsi Rohingya asal Myanmar."

Stefano Sulaiman

Pengungsi Rohingya. Foto KBR/Erwin Jalaludin
Pengungsi Rohingya. Foto KBR/Erwin Jalaludin

KBR, Jakarta – Dewan Gereja-gereja Asia (CCA) mendesak negara di Asia, khususnya Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Australia untuk menerima pengungsi Rohingya asal Myanmar. Menurut Moderator CCA, WTP Simarmata, gereja-gereja di Asia harus turun tangan meringankan beban etnis Rohingya yang terpinggirkan. Katanya, itu juga sejalan dengan ajaran gereja yang mengajarkan mengasihi sesama.

“Sebagai gereja tak pernah persoalkan latar belakang, status sosial, etnik, agama, dan budaya. Jadi tugas kita bersama melakukan tindakan konkrit,” kata Pdt. Simarmata usai jumpa pers Sidang Raya CCA 2015 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Rabu (27/5/2015).


Hasil sidang raya CCA yang berlangsung sejak 21 Mei hingga hari ini dihadiri 21 negara peserta, baik dari kawasan Eropa, Asia, Amerika, maupun Oseania. Menurut Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Gomar Gultom, selain mendesak negara-negara tersebut, CCA juga menuntut Myanmar untuk memperhatikan hak-hak dan keamanan warganya, khususnya Rohingya. Selain itu, CCA juga berencana akan melakukan kunjungan ke pastoral di Myanmar untuk mendorong gereja-gereja dalam usaha menciptakan perdamaian dan menginformasikan advokasi CCA.


Sebelumnya, Kelompok Masyarakat dan Biksu Buddha garis keras berkumpul di Yangon, ibukota negara Myanmar pada Rabu (27/5), melakukan demonstrasi menentang tekanan masyarakat internasional; Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Media Asing, untuk mengembalikan warga Muslim Rohingya ke tanah kelahirannya. Mereka beralasan warga Rohignya berasal dari Bangladesh bukan dari Myanmar.

Editor: Malika

  • Dewan Gereja-gereja Asia
  • rohingya
  • pengungsi Rohingya
  • Myanmar
  • Bangladesh
  • Indonesia intoleransi
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!