BERITA

AS Minta Tiongkok Hentikan Pembangunan di Laut Cina Selatan

AS Minta Tiongkok Hentikan Pembangunan di Laut Cina Selatan

KBR - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter meminta Tiongkok menghentikan pembangunan pulau-pulau buatan di Laut Cina Selatan. Dia menyebut, program ekspansi Tiongkok itu menyimpang dari kesepakatan kawasan terkait masalah keamanan. Dia menegaskan, pesawat militer dan kapal perang Amerika akan terus dan tetap beroperasi di kawasan tersebut berpijak pada hukum internasional.

Penegasan itu disampaikan Carter sepekan setelah peringatan resmi Tiongkok terhadap pesawat Amerika yang terbang di atas pulau-pulau yang sedang dibangun itu.

Kawasan Laut Cina Selatan adalah wilayah yang menjadi perebutan beberapa negara, termasuk Filipina. Pemerintah Tiongkok geram ketika pesawat Amerika melintas di atas wilayah tersebut. Tiongkok juga telah menegaskan akan terus membuat pulau-pulau buatan di Laut Cina Selatan guna melayani kapal-kapal yang melintas. (BBC)

 

Editor: Quinawaty Pasaribu

  • Tiongkok
  • Amerika Serikat
  • Pulau
  • Buatan
  • Laut China Selatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!