Ide Gila Panel Surya Gantikan Lapisan Aspal untuk Jalan Raya

KBR, Jakarta - Pasangan Scott dan Julie Brusaw mempunyai mimpi gila dalam tidurnya. Mimpi gila itu disampaikan lewat email dan direspon oleh ribuan orang. Apa mimpi gila itu?

INTERNASIONAL

Jumat, 16 Mei 2014 12:33 WIB

Author

Pebriansyah Ariefana

Ide Gila Panel Surya Gantikan Lapisan Aspal untuk Jalan Raya

pembangkit listrik, lingkungan, panel surya

KBR, Jakarta - Pasangan Scott dan Julie Brusaw mempunyai mimpi gila dalam tidurnya. Mimpi gila itu disampaikan lewat email dan direspon oleh ribuan orang. Apa mimpi gila itu?

Scott dan Julie ingin membangun panel surya di bawah jalan beton. Dia ingin mengubah panel surya menjadi lapisan beton menggantikan aspal.

"Saya memiliki lebih dari 6.800 email yang belum terjawab di inbox saya sekarang. Tidak menghitung semua ribuan Saya telah merespon tentu saja!" jelas Scott.

Desain itu sudah dirancang dan digambarkan dalam sebuah jalan di depat rumah mereka. Nantinya panel surya akan dilapisi kaca elastis tahan tekanan. Sehingga truk seberat apapun tidak akan pecahkan panel.

Panel ini akan didesain semenatik mungkin dengan memberikan lampu LED kuning sebagai penghias pembatas jalan. Sebab biasanya jalan umum biasa menggunakan cat untuk menggaris-garis pembatas jalan.

Scott dan Julie menjelaskan ide ini sangat gila, dia sadar akan ditertawakan. Namun ternyata ide ini bukan sekadar wacana palsu.

Mereka sudah mendapatkan dana pengembangan dari US Federal Highway Administration atau pihak otoritas lalu lintas AS. Mereka sudah membangun tempat parkir yang menghasilkan listrik surya.

"Ini sangat menarik untuk memiliki tempat parkir sekarang, untuk melihat dan menyentuh dan berjalan," kata Julie.

Jika proyek panel surya jalanan itu berjalan, maka AS akan menghilangkan ketergantungan dengan energi fosil. Bahkan AS akan meninggalkan minyak dan beralih ke energi terbarukan.

Proyek panel surya jalanan ini sudah mendapatkan dukungan dari otoritas lalu lintas. Mereka meneken kontrak 2011 lalu hanya untuk membuat prototipe jalan. Nilainya sampai USD 750 ribu atau sekira Rp 8 miliar.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11