Buang Air Sembarangan? Siap-siap Diserbu Pasukan Bertopeng dengan Semprotan Air

Di India, banyak orang pipis sembarangan di gang, tembok dan pojokan jalan.

INTERNASIONAL

Senin, 05 Mei 2014 09:29 WIB

Author

Citra Dyah Prastuti

Buang Air Sembarangan? Siap-siap Diserbu Pasukan Bertopeng dengan Semprotan Air

buang air sembarangan, India

KBR – Buang air sembarangan di tempat umum adalah salah satu problem besar di India, mengingat separuh dari 1,2 miliar penduduk India tidak punya toilet di rumah dan terpaksa buang air di tempat terbuka. Karena itu di jalan-jalan India, banyak terlihat laki-laki yang berdiri di dekat tembok, lalu buang air di sana. 


Akibatnya kota cenderung bau karena bau semerbak dari orang-orang yang buang air sembarangan itu. 


Meski sudah ada aturan yang melarang serta denda, toh tetap saja orang-orang India melakukannya. 


“The Clean Indian” lantas mengambil alih “penegakan hukum” dengan cara mereka sendiri. Ini adalah kelompok aktivis publik yang bergerak di jalanan untuk “menghukum” mereka yang buang air sembarangan di tembok-tembok kota. 


Siang dan malam, mereka berkeliling kota Mumbai dengan mobil tanki air warna kuning yang dilengkapi selang air. Para aktivisnya pun mengenakan topeng untuk menutupi identitas mereka. Tujuan mereka satu: menciptakan India yang lebih bersih dan higienis. 


Mobil tanki air ini akan menyemprotkan air kepada orang-orang yang tertangkap basah sedang buang air kecil di pinggir jalan. Menurut kelompok “Clean Indian”, solusi atas persoalan buang air kecil di tempat umum adalah dengan melakukan hal yang sama, oleh mobil tanki air ini. Di akun Twitter mereka @TheCleanIndian para aktivis menulis “People who piss must be pissed on” yang artinya orang yang buang air sembarangan harus dibalas dengan hal serupa. 


Aktivitas buang air sembarangan ini jadi isu serius di India, bahkan ada yang membawa petisi soal ini sampai ke Pengadilan Tinggi di New Delhi.  Ini juga dianggap sebagai salah satu hal yang paling membuat nama baik India tercemar karena tembok-tembok rumah pribadi dan tempat umum telah jadi toilet raksasa bagi warga India. Separuh dari penduduk India sebanyak 1,2 miliar orang tidak punya toilet di rumah dan buang air di tempat terbuka. 


Tapi “The Clean Indian” ini tak serta merta direstui semua warga India. Banyak yang mempertanyakan efektivitas penyemprotan kepada orang yang buang air sembarangan ini. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul misalnya soal tidak adanya jaminan orang tersebut tidak akan buang air kecil sembarangan lagi serta permasalahan membuang air sang sangat berharga. (Global Voices)


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18