2016 Melbourne Jadi Kota Bebas Asap Rokok

Melbourne bertekad menjadi salah satu kota pertama di dunia yang bebas asap rokok.

INTERNASIONAL

Kamis, 15 Mei 2014 10:29 WIB

Author

Quinawati Pasaribu

2016 Melbourne Jadi Kota Bebas Asap Rokok

rokok, kota bebas rokok, Melbourne

KBR, - Melbourne bertekad menjadi salah satu kota pertama di dunia yang bebas asap rokok. Menurut pejabat setempat, siapa pun yang ingin merokok maka harus berada di tempat yang tersembunyi. Menurut Anggota Dewan Kota Richard Foster, angan-angan itu mendapat dukungan penuh dengan adanya program The Causeway. Di mana area bebas asap rokok akan semakin diperluas. Kata dia, jika merujuk pada program tersebut, maka kawasan larangan merokok akan berlaku di sejumlah lokasi. Semisal kawasan pusat bisnis, pedestrian maupun jalan-jalan setapak. Hanya saja, kebijakan itu harus dilakukan secara bertahap hingga nanti pada akhir 2016, Melbourne betul-betul bisa menjadi kota bebas asap rokok.

Menurut Richard Foster tidak mudah melarang orang merokok di area umum, kecuali di pub atau restoran. Meski begitu, ia yakin kebijakan itu bisa diberlakukan.

Australia telah memiliki beberapa undang-undang tentang tembakau. Salah satunya memaksa perusahaan dipaksa menjual rokok dengan bungkus polos dan sebagian besar ditutupi dengan gambar peringatan kesehatan. Di sana, larangan merokok berlaku di restoran, bar, dan sebagian besar ruangan tertutup lainnya.

Sementara itu, presentase perokok di Australia telah menurun dari sekitar 50 persen pada 1950 menjadi 15 persen, sekarang. Pemerintah setempat pun tengah berjuang untuk mendorong ke angka 10 persen pada 2018. (CNA)

Editor: Sutami

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Australia Minta Negara-Negara Pengembang Tak Komersialisasikan Vaksin

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Strategi Pembiayaan Lingkungan Hidup

Kabar Baru Jam 18