Selandia Baru Larang Penggunaan 77 Nama Bayi, Termasuk Lucifer & Anal

Beberapa orang tua mengajukan nama bayi mereka 'Lucifer' dan 'Mafia No Fear'. Namun pemerintah Selandia Baru menolak pengajuan nama itu.

INTERNASIONAL

Rabu, 01 Mei 2013 16:33 WIB

Author

Agus Luqman

Selandia Baru Larang Penggunaan 77 Nama Bayi, Termasuk Lucifer & Anal

Selandia Baru, nama bayi, aneh terlarang

KBR68H - Pemerintah Selandia Baru mengeluarkan daftar nama-nama bayi yang dilarang dipakai orang tua karena aneh atau bernuansa penghinaan.

Beberapa orang tua mengajukan nama bayi mereka 'Lucifer' dan 'Mafia No Fear'. Namun pemerintah Selandia Baru menolak pengajuan nama itu.

Ada 77 daftar nama yang ditolak pemerintah. Bahkan ada orang tua yang sempat disetuju memberi anaknya nama 'Anal'. Namun Departemen Dalam Negeri Selandia Baru buru-buru mengeluarkan surat pembatalan izin penggunaan nama itu.

Ada juga yang memberi nama '.', alias tanda titik. Nama ini jelas ditolak pemerintah.

Nama bayi lainnya yang ditolak pemerintah adalah '4Real, V8, dan Queen Victoria. Tidak terbayang jika ada anak bayi diberi nama V8, yang nota bene merupakan nama mesin kendaraan yang paling menakutkan dengan delapan silinder.

Dari daftar nama-nama yang ditolak pemerintah Selandia Baru, terlihat banyak orang tua tidak punya inspirasi memberi nama anak mereka. Ada yang memberi nama anaknya dengan sangat simpel, seperti '2nd' (anak kedua), '3rd' (anak ketiga) atau '5th' (anak kelima).

Pemerintah juga mengeluarkan aturan melarang orang tua memberi anaknya gelar-gelar atau pangkat tertentu, seperti 'King' (Raja), 'Duke' (Adipati) dan 'Princess' (Ratu).

Beberapa tahun terakhir banyak orang tua di Selandia Baru memberi nama anaknya 'Justice' (keadilan). Nama ini termasuk populer, diajukan 62 kali namun tetap ditolak pemerintah. Begitu juga dengan nama 'Justus' dan 'Juztice' masuk daftar nama terlarang.

Pada 2008 lalu, pengadilan Selandia Baru pernah mengadili pemberian nama terhadap seorang anak perempuan berusia delapan tahun. Anak itu diberi nama "Talula Does The hula From Hawaii' (Talula Si Hula dari Hawaii). Anak itu sangat malu mendapat nama seperti itu. Pengadilan memutuskan orang tua si anak harus mengubah nama anak itu, karena membuat anak malu dan konyol.

Hakim Pengadilan Selandia Baru, Rob Murfitt juga mengkritik orang tua yang memberi nama anaknya aneh-aneh. Menurut Rob, ada yang memberi nama anaknya 'Number 16 Bus Shelter' (Halte Bus Nomor 16), 'Midnight Chardonnay' (Anggur Tengah Malam), dan ada pula yang memberi nama anak kembarnya 'Benson' dan 'Hedges'. Sekadar tahu saja, Benson & Hedges merupakan merek rokok produksi Phillip Morris. (Telegraph.co.uk)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8