Nawaz Sharif Unggul di Pemilu Pakistan

Bekas Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif yang pemerintahannya digulingkan militer unggul sementara pada pemilu di negeri itu. Pejabat KPU Pakistan mengatakan sepertinya Sharif akan kembali memimpin negara itu.

INTERNASIONAL

Senin, 13 Mei 2013 07:24 WIB

Author

Irvan Imamsyah

Nawaz Sharif Unggul di Pemilu Pakistan

nawaz sharif, pemilu, pakistan

KBR68H - Bekas Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif yang pemerintahannya digulingkan militer unggul sementara pada pemilu di negeri itu. Pejabat KPU Pakistan mengatakan sepertinya Sharif akan kembali memimpin negara itu.

Menurut hasil penghitungan tidak resmi, partai yang dipimpin Syarif berhasil meraih 16 kursi dari 23 kursi di parlemen. Sementara Imran Khan kandidat dari partai Tehreek-e-Insaf mengklaim banyak terjadi kecurangan dalam pemilu kali ini.

Penghitungan suara pada pemilu di Pakistan memang belum rampung. Tapi Nawaz Sharif sudah mendapatkan ucapan selamat dari para pemimpin dunia. Menteri Luar Negeri John Kerry menyebut pemilu demokratis di Pakistan sebagai langkah bersejarah. Sementara Perdana Menteri India Manmohan Songh mengirim ucapan selama lewat siulan di Twitter. Menurutnya, partai Muslim pimpinan Nawaz Sharif menang telak.

Lembaga Pemilu Pakistan menyebutkan kehadiran pemilih dalam pemungutan suara kemarin mencapai 60 persen. Ini merupakan yang terbanyak dan menandai transisi pertama antara pemerintah sipil dalam sejarah bangsa yang berusia 66 tahun. Sebelumnya, Pakistan hidup dalam kekacauan politik. Sepanjang negara ini berdiri, ada tiga kudeta militer yang menyebabkan para jenderal memimpin negeri ini. (CNN)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Ngopi Bersama Azul Eps34: Abrakadabra! BUMN Induk

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12