Kritik Pemerintah, Bloger asal Vietnam Ini Ditahan

KBR68H

INTERNASIONAL

Senin, 27 Mei 2013 13:50 WIB

Author

Doddy Rosadi

Kritik Pemerintah, Bloger asal Vietnam Ini Ditahan

blogger, vietnam, ditahan

KBR68H – Bloger asal Vietnam ditahan karena mempublikasikan artkel yang mengkritik pemerintah. Truong Duy Nhat, 49 tahun, ditangkap polisi hari Minggu lalu di rumahnya di kota Danang dan dibawa ke ibukota Hanoi untuk diperiksa. Penangkapan Nhat itu dimuat oleh harian Tuoi Tre.

Dia bisa dikenai tuduhan penyalahgunaan kebebasan berdemokrasi dan terancam hukuman tujuh tahun penjara. Nhat yang sempat bekerja untuk salah satu media di Vietnam dan berhenti pada 2011 menulis di blog “A Different Viewpoint”.

Nhat mempublikasikan tulisan yang mengkritik berita yang ditulis oleh kantor berita resmi Vietnam di blog tersebut. Sempat terjadi perdebatan panjang di blog tersebut. Namun, sejak Nhat ditangkap, blog tersebut tidak bisa diakses lagi.

Pada akhir April lalu, Nhat membuat tulisan yang meminta sejumlah pemimpin di Vietnam untuk mengundurka diri.

“Ini saatnya bagi Sekjen partai yang baru dan juga Perdana Menteri untuk menyelamatkan negeri ini dari kehancura ekonomi dan politik,’tulis Nhat.
Pemeritah Vietnam melarang keberadaan media swasta. Semua koran dan juga televisi merupakan milik pemerintah.

Pengacara, blogger dan aktivis kerap menjadi sasaran dari aparat pemerintah. Pada Februari lalu, jurnalis Nguyen Dac Kien dipecat dari salah satu koran milik pemerintah karena mengkritik Partai Komunis yanh berkuasa di blog pribadinya. Selama 2013, sedikitnya ada 38 aktivis yang dituduh melakukan tindakan melawan pemerintah. (Asiaone)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Mencari Solusi Krisis Pengelolaan Sampah di Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Inspirasi Bisnis dari Aerostreet

Kian Merebak Covid Varian Delta