BERITA

Tiongkok Mulai Operasikan Mercusuar di Wilayah Sengketa

Mercusuar Tiongkok (Foto: VOA Indonesia)

KBR - Pemerintah Tiongkok mulai mengoperasikan mercusuar di salah satu pulau buatannya di Laut Tiongkok Selatan yang diperebutkan. 

Tiongkok mengklaim sebagian besar wilayah dari laut yang kaya energi itu, namun negara tetangga seperti Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam juga mengklaim wilayah itu. 

Menteri Transportasi Tiongkok menggelar upacara penyelesaian proyek yang menandai mulai beroperasinya mercusuar, yang pembangunannya dimulai Oktober lalu itu, di Karang Subi. Karang Subi adalah pulau yang dibuat Tiongkok sejak sekitar tahun lalu atau lebih. 

Sebelum Tiongkok mengeruknya jadi pulau, area Subi dilindungi perjanjian laut internasional di bawah PBB.

Tiongkok beralasan pembangunan di Laut Tiongkok Selatan adalah upayanya memenuhi kewajiban internasional dalam keamanan, penyelamatan, dan penelitian laut. (Channel News Asia)

  • mercusuar
  • Tiongkok

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!