BERITA

Tiongkok Akhirnya Bebaskan Lima Aktivis Perempuan

Tiongkok Akhirnya Bebaskan Lima Aktivis Perempuan

KBR - Tiongkok akhirnya membebaskan lima aktivis perempuan dengan jaminan pada Senin (13/4/2015) Ini dilakukan setelah negeri tirai bambu tersebut mendapat kecaman dari dunia internasional. 

Para aktivis itu sebelumnya ditahan lantaran berencana menggelar aksi demonstrasi besar pada Hari Perempuan Internasional awal Maret lalu. Kelimanya dituduh melakukan aktivitas yang memancing perseteruan dan memprovokasi massa. 

Padahal, saat itu kelimanya hanya berencana menggelar aksi menentang pelecehan sekseual di angkutan umum di Beijing dan Kota Selatan Guangzhou. 

Kuasa hukum aktivis mengatakan, kebebasan kliennya itu tetap dengan batasan tertentu. Sebab hingga kini kelimanya masih berstatus tersangka. 

Sebelumnya, penahanan para aktivis tersebut menuai kecaman publik, baik di dalam maupun luar negeri. Sejumlah aktivis HAM Tiongkok menggalang petisi dan mengumpulkan puluhan tandatangan mahasiswa dan pekerja untuk membebaskan para aktivis itu.

Editor: Antonius Eko 

 

  • Aktivis
  • Tiongkok
  • Hari Perempuan Internasional
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!