Rusia Cabut Pembekuan Pengiriman Senjata ke Iran

Rusia mencabut larangan pengiriman sistem pertahanan udara peluru kendali kepada Iran. Pengiriman S-300 dibatalkan pada tahun 2010 setelah PBB menerapkan sanksi terhadap Iran terkait program nuklirnya

BERITA | INTERNASIONAL

Selasa, 14 Apr 2015 08:24 WIB

Author

Damar Fery Ardiyan

Rusia Cabut Pembekuan Pengiriman Senjata ke Iran

Rusia mencabut larangan pengiriman sistem pertahanan udara peluru kendali kepada Iran. Pengiriman S-300 dibatalkan pada tahun 2010 setelah PBB menerapkan sanksi terhadap Iran terkait program nuklirnya. 

Tetapi presiden Rusia mengizinkan pengiriman setelah Teheran menyetujui kesepakatan sementara untuk menghentikan kegiatan nuklir dengan imbalan pengurangan sanksi. Rusia dan Iran tetap menjadi sekutu dekat meskipun sanksi PBB diterapkan. 

Kontrak pengiriman sistem pertahanan tersebut sangat dikecam Israel dan Amerika Serikat, yang khawatir hal tersebut dapat dipakai untuk melindungi situs nuklir Iran. 

Ketika dibatalkan, Iran mengajukan tuntutan ganti rugi senilai miliaran dolar. Moskow mengatakan pihaknya tidak memiliki pilihan kecuali membatalkan kesepakatan ketika PBB menerapkan sanksi, melarang penjualan senjata canggih tersebut. (bbc)

Editor: Antonius Eko 

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Indahnya Keberagaman di Kota Paling Toleran Salatiga

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Peraturan Presiden tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme