Selandia Baru, Negara ke-13 Legalkan Pernikahan Sejenis

Parlemen Selandia Baru menyetujui undang-undang yang membolehkan perkawinan sejenis.

INTERNASIONAL

Kamis, 18 Apr 2013 11:49 WIB

Author

Agus Luqman

Selandia Baru, Negara ke-13 Legalkan Pernikahan Sejenis

selandia baru, pernikahan sejenis

KBR68H - Parlemen Selandia Baru menyetujui undang-undang yang membolehkan perkawinan sejenis. Selandia Baru menjadi negara ke-13 di dunia dan pertama di kawasan Asia Pasifik yang melegalkan perkawinan sesama jenis. Undang-undang itu disetuju pada Rabu malam  melalui pemungutan suara.

Para pendukung undang-undang ini mengatakan bahwa perkawinan merupakan hal yang universal bagi setiap orang. Kebanyakan pemimpin partai politik di Selandia Baru memerintahkan kepada para kadernya di parlemen untuk memilih sesuai hati nurani daripada kebijakan partai. Undang-undang ini juga mendapat dukungan dari Perdana Menteri Selandia Baru John Key.

Perkawinan sesama jenis sebelumnya sudah dilegalkan seperti di Belanda, Afrika Selatan dan  Argentina . Begitu juga Uruguay mengesahkan undang-undang perkawinan sejenis pada pekan lalu. Sementara di Amerika Serikat, sudah ada sembilan negara bagian dan Distrik Columbia yang mengakui perkawinan semacam ini. Namun pemerintah federal belum menyetujui undang-undang serupa. (AP)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8