WHO: 70 Persen Pasien Corona di Cina Sembuh

"Aturan mainnya adalah: jangan pernah menyerah. Mari jadikan harapan sebagai obat penangkal ketakutan."

BERITA | NASIONAL | INTERNASIONAL

Selasa, 10 Mar 2020 11:46 WIB

Author

Adi Ahdiat

WHO: 70 Persen Pasien Corona di Cina Sembuh

Petugas medis memberi terapi untuk pasien Covid-19 di sebuah rumah sakit di Wuhan, Cina (24/2/2020). ( Foto: ANTARA/REUTERS)

KBR, Jakarta - Organisasi kesehatan dunia WHO menegaskan mayoritas pasien Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) bisa sembuh.

Direktur Jenderal WHO Tedros A. Ghebreyesus mengonfirmasi kesembuhan itu sudah banyak terjadi di Cina.

"Kita harus ingat bahwa dengan tindakan yang tegas dan cepat, kita bisa menahan virus dan mencegah infeksi. Dari semua orang yang terinfeksi, mayoritas akan sembuh," kata Tedros dalam siaran persnya, Senin (9/3/2020).

"Dari sekitar 80.000 kasus (Covid-19) yang dilaporkan di Cina, lebih dari 70 persennya sudah sembuh dan dipulangkan (dari rumah sakit)," lanjutnya.


Harapan adalah Obat Ketakutan

Direktur Jenderal WHO Tedros A. Ghebreyesus juga mengonfirmasi bahwa keberhasilan pengendalian Covid-19 mulai terlihat di Korea Selatan.

"Dari empat negara dengan kasus (Covid-19) terbanyak, Cina sudah mampu mengontrol epidemik ini. Dan sekarang penurunan kasus infeksi juga dilaporkan Korea Selatan," kata Tedros dalam siaran persnya, Senin (9/3/2020).

Menurut Tedros, laporan dari Cina dan Korea Selatan itu menunjukkan bahwa negara-negara punya peluang untuk melawan gelombang virus ini.

"Aturan mainnya adalah: jangan pernah menyerah. Mari jadikan harapan sebagai obat penangkal ketakutan," tegas Tedros.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Instagram Perketat Aturan Soal Iklan

Kabar Baru Jam 7

Menakar Tawaran Pembangkangan Sipil terhadap Undang-undang Cipta Kerja

Masa Depan Anak Broken Home

Kabar Baru Jam 8