Presiden Brasil Umumkan Langkah Antikorupsi

Apa yang dirasa paling berat?

BERITA | INTERNASIONAL

Rabu, 18 Mar 2015 09:33 WIB

Author

Eva Mazrieva

Presiden Brasil Umumkan Langkah Antikorupsi

(Antara)

Presiden Brasil Dilma Rousseff  mengumumkan serangkaian langkah antikorupsi setelah demonstrasi besar-besaran di seluruh negara itu hari Minggu (15/3). Demonstrasi itu memprotes korupsi yang merajalela di di negara terbesar di Amerika Latin itu dan menyerukan pemakzulan Rousseff. 


Dalam pidato yang disiarkan secara nasional, Rousseff mengatakan dirinya bertugas dan berkewajiban melawan kekebalan hukum dan korupsi. 


Diantara sejumlah langkah yang diumumkan adalah kriminalisasi dana yang digunakan untuk membiayai kampanye pemilu, penyitaan aset orang yang didapati bersalah melakukan korupsi dan keharusan bagi pejabat-pejabat pemerintah bersih dari catatan kriminal. 


“Ini merupakan langkah yang menentukan untuk memperluas kapasitas dan kekuasaan pemerintah untuk mencegah dan memberantas korupsi dan kekebalan hukum,” ujar Rousseff. 


Demonstrasi hari Minggu berlangsung di tengah kemarahan rakyat atas kasus korupsi meluas yang melibatkan Petrobas, perusahaan minyak milik Brasil. (VOA) 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Mengajak Lingkungan Mematuhi Protokol Covid-19

Kabar Baru Jam 12