Draf Gencatan Senjata Myanmar Hampir Disepakati

BERITA , INTERNASIONAL

Selasa, 31 Mar 2015 18:49 WIB

Author

Bambang Hari

Draf Gencatan Senjata Myanmar Hampir Disepakati

Burma

KBR - Pemerintah Myanmar telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata dengan 16 kelompok pemberontak. Demikian seperti yang dilaporkan Kantor Berita AFP.

Upaya gencatan senjata itu disaksikan oleh Presiden Myanmar Thein Sein. Kesepakatan yang muncul setelah tujuh putaran perundingan ini merupakan langkah penting menuju selesainya konflik berpuluh-puluh tahun.

Para perunding dari kelompok pemberontak bersenjata masih harus berkonsultasi dengan pemimpin mereka sebelum memberikan persetujuan akhir. Namun pemberontak dari konflik terbaru dan paling aktif di Kokang tidak menghadiri perundingan ini.

Myanmar sudah terlibat dalam konflik bersenjata dengan berbagai kelompok pemberontak dari suku-suku yang menginginkan kekuasaan lebih besar sejak kemerdekaan dari Inggris tahun 1948. Mereka khususnya ada di negara bagian Shan dan Kachin. (AFP)

Editor: Rio Tuasikal 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Didesak Ungkap Jaringan Perdagangan Orang dengan Modus Pernikahan