RUU Perkawinan Sejenis di Prancis Menuai Protes

KBR68H, Washington - Polisi anti huru-hara Perancis berjuang keras untuk mencegah ribuan demonstran yang berusaha masuk ke jalan utama Champs-Elysees di Paris untuk memprotes rancangan UU yang mengizinkan perkawinan sejenis dan memungkinkan adopsi anak ol

INTERNASIONAL

Senin, 25 Mar 2013 08:10 WIB

Author

Eva Mazrieva

RUU Perkawinan Sejenis di Prancis Menuai Protes

RUU, perkawinan sejenis, prancis

KBR68H, Washington - Polisi anti huru-hara Perancis berjuang keras untuk mencegah ribuan demonstran yang berusaha masuk ke jalan utama Champs-Elysees di Paris untuk memprotes rancangan UU yang mengizinkan perkawinan sejenis dan memungkinkan adopsi anak oleh pasangan gay dan lesbian.

Ratusan ribu demonstran, yang terdiri dari aktivis konservatif, anak-anak, pensiunan dan pastor-pastor Katolik berkumpul di         Paris hari Minggu dalam usaha terakhir untuk menggagalkan RUU itu.

Majelis rendah Perancis bulan lalu menyetujui rancangan undang-undang perkawinan yang berlaku untuk semua orang, dengan mayoritas yang besar.  RUU itu akan dibahas lagi oleh Senat bulan depan.  Kedua badan legislatif itu dikuasai oleh Partai Sosialis pimpinan presiden François Hollande dan mitra-mitranya.

Demonstrasi berlangsung aman, tapi ketika hampir berakhir, kira-kira 100 orang pemuda berusaha menembus barikade polisi yang menuju ke Champs-Elysees. Polisi melepaskan tembakan gas air mata tapi agaknya tidak berhasil mencegah sebagian demonstran mencapai jalan utama yang dipenuhi turis itu.
Taksiran resmi polisi menyebut sekitar 300,000 orang ikut berdemonstrasi, tapi para sponsor mengatakan demonstrasi itu diikuti 1,2 juta orang, lebih banyak dari peserta demonstrasi serupa yang diadakan bulan Januari. (VOA)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Upaya Kurangi Risiko Bencana Iklim

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Perkara Bukber Tahun ini

Kabar Baru Jam 10