Operasi Berat Badan Mulai Populer di Amerika

KBR68H, Washinton - Operasi berat badan mulai populer di Amerika sekitar 10 tahun lalu. Pembedahan itu membantu orang-orang yang gemuk menurunkan berat badan, dan mengambil kendali kondisi tubuh, kehidupan dan kesehatan mereka.

INTERNASIONAL

Selasa, 05 Mar 2013 11:40 WIB

Author

Nurviana Mubtadi

Operasi Berat Badan Mulai Populer di Amerika

obesitas, berat badan

KBR68H, Washinton - Operasi berat badan mulai populer di Amerika sekitar 10 tahun lalu. Pembedahan itu membantu orang-orang yang gemuk menurunkan berat badan, dan mengambil kendali kondisi tubuh, kehidupan dan kesehatan mereka. Sebagian pasien penderita diabetes bahkan mendapati mereka tidak lagi mengidap penyakit ini setelah menjalani operasi tersebut.

Tapi seberapa amankah prosedurnya? Sebagian pasien awal mengalami infeksi yang mengancam jiwa dan pembekuan darah yang berbahaya. Ketika itu, pembedahan hanya bisa dilakukan di rumah-rumah sakit tertentu yang disebut "pusat keunggulan" bagi para pasien yang masuk dalam program-program kesehatan yang disubsidi pemerintah. Agar memenuhi syarat, rumah-rumah sakit itu harus mendapat akreditasi dari kelompok-kelompok bedah yang disetujui. Mereka harus melakukan setidaknya 125 pembedahan untuk penurunan berat badan atau bariatrik setiap tahun.

Sebuah studi baru mempelajari apakah menjalani operasi di “pusat keunggulan” benar-benar berdampak.

Dr Justin Dimick dari Universitas Michigan memimpin penelitian itu.

"Ketika kita membandingkan secara langsung antara pusat keunggulan dengan pusat non-unggulan, hasilnya setara. Jadi, tempat-tempat yang disebut pusat keunggulan itu sebenarnya tidak berarti lebih baik."katanya.

Dr Dimick, yang melaporkan temuannya dalam Journal of American Medical Association, mengatakan hasilnya mulai meningkat bahkan sebelum studi itu dimulai, karena para ahli bedah mendapat pengalaman berharga dari prosedur-prosedur bariatrik dalam praktek medis dan program pelatihan.

Seiring meningkatnya teknik dan semakin trampilnya dokter bedah bariatrik, para peneliti juga memberikan petunjuk awal tentang bagaimana operasi bypass usus lambung dapat menyembuhkan diabetes tipe 2, suatu kondisi dimana pankreas berhenti memproduksi cukup insulin untuk mempertahankan kadar gula darah yang sehat. (VOA)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN