Cegah Corona Wuhan, Pemerintah Hentikan Visa on Arrival bagi Warga Cina

"Pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland Cina,"

BERITA | NASIONAL | INTERNASIONAL

Senin, 03 Feb 2020 11:24 WIB

Author

Resky Novianto

Cegah Corona Wuhan, Pemerintah Hentikan  Visa on Arrival bagi Warga Cina

Penumpang pesawat mengenakan masker di area Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (31/1). (Antara/Fikri)

KBR, Jakarta-  Pemerintah mengimbau warga negara Indonesia (WNI) yang berada di dalam maupun luar negeri, untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Cina. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona novel (nCoV) dari negeri tirai bambu. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, imbauan dari pemerintah diputuskan, setelah melalui rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, sebelum proses evakuasi WNI di Wuhan, Tiongkok.

"Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrivals untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di mainland Cina untuk sementara dihentikan. Pemerintah (juga) meminta warga negara Indonesia (WNI) untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland Cina," ucap Menlu Retno di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

Menlu Retno Marsudi mengatakan, imbauan WNI berpergian ke Cina, juga berlaku terhadap penerbangan dari seluruh negeri tirai bambu yang masuk ke tanah air. Ia mengungkapkan, pemberian visa kunjungan maupun tinggal sementara khusus warga Cina, otomatis juga akan dihentikan.

Retno menyebut pelarangan perjalanan dan visa, hanya bersifat sementara guna mengantisipasi penyebaran virus corona (nCoV).

Berita Terkait:

Editor: Rony Sitanggang
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Ayo Belajar Kriya dan Seni

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Sejumlah Daerah di Indonesia Mulai Terapkan Karantina Wilayah