Selandia Baru Bakal Paksa Perusahaan Rokok Pakai Kemasan Polos

Selandia Baru bakal memaksa perusahaan rokok menjual rokok dengan kemasan polos. Menteri Kesehatan, Tariana Turia mengatakan, saat ini perusahaan rokok sedang mencari cara untuk memikat konsumen dengan membuat kemasan yang semenarik mungkin agar konsumen

INTERNASIONAL

Selasa, 19 Feb 2013 12:20 WIB

Author

Quinawaty Pasaribu

Selandia Baru Bakal Paksa Perusahaan Rokok Pakai Kemasan Polos

Selandia Baru, Rokok

KBR68H - Selandia Baru bakal memaksa perusahaan rokok menjual rokok dengan kemasan polos. Menteri Kesehatan, Tariana Turia mengatakan, saat ini perusahaan rokok sedang mencari cara untuk memikat konsumen dengan membuat kemasan yang semenarik mungkin agar konsumen membeli rokok. Namun kata dia, jika kemasan itu polos akan berdampak sebaliknya.

Turia juga mengatakan, aturan itu nantinya akan dimasukan dalam Undang-Undang dan akan diberlakukan pada akhir tahun ini. Tiap tahunnya hampir lima ribu warga Selandia Baru meninggal karena rokok. Turia mengakui, jika aturan baru itu akan mendapat ganjalan berupa gugatan hukum dari para perusahaan rokok.

Sebelumnya Australia juga melakukan hal serupa seperti Selandia Baru. Hanya saja di Australia, kemasan rokok itu terpampang gambar perokok yang sakit serta tulisan besar tentang peringatan kesehatan akibat rokok. (AFP/channelnewsasia)


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kontroversi Pembatalan SKB 3 Menteri soal Seragam

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menyekat Pemudik Nekat

Kabar Baru Jam 10