54 Negara Dukung Program Kontroversi CIA

Puluhan negara menyatakan ikut kerjasama dengan program kontroversial Badan Intelejen Amerika Serikat (CIA), yang meliputi penculikan, hukuman penjara, dan penyiksaan tahanan di negara asing.

INTERNASIONAL

Rabu, 06 Feb 2013 14:30 WIB

Author

muhammad Irham

54 Negara Dukung Program Kontroversi CIA

cia, program, penahanan

KBR68H - Puluhan negara menyatakan ikut kerjasama dengan program kontroversial Badan Intelejen Amerika Serikat (CIA), yang meliputi penculikan, hukuman penjara, dan penyiksaan tahanan di negara asing.

Dalam laporan lembaga non pemerintah (OSJI), sedikitnya 54 negara yang sebagian besar dari Eropa ikut program tersebut. Negara yang terlibat di antaranya, Swedia, Finlandia, Jerman, Spanyol, Portugal, Austria, Pakistan, Afghanistan, Mesir, Yordania, dan Kanada. Kerjasama tersebut tanpa batas waktu yang ditentukan, dan tak melibatkan pemerintah nasional dalam rencana CIA.

Program kontroversi ini diluncurkan pasca serangan teroris 09 September 2001, dan juga bertepatan dengan pencalonan John Brennan sebagai direktur CIA menggantikan David Petraeus, yang mundur karena tersandung skandal seks. Analis OSJI menyatakan Brennan bertanggung jawab untuk otoritasi pelanggaran HAM dalam fasilitas rahasia yang didukung pelbagai negara ini. (prensa latina)


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pascapenggerebekan, Mahasiswa Papua di Surabaya Trauma