Orang Polandia Senang Jalan Kaki

Apa yang membuat orang Polandia tak merasa capek berjalan kaki?

INTERNASIONAL , INTERMEZZO

Senin, 12 Jan 2015 12:48 WIB

Author

Eka Fikriyah

Orang Polandia Senang Jalan Kaki

polandia, jalan kaki

KBR, Jakarta- Kadang  kita sering malas berjalan kaki ke toko swalayan, padahal jaraknya  dekat dengan tempat tinggal. Lebih cepat dan praktis, itu mungkin salah satu alasan yang membuat orang naik kendaraan untuk membeli kebutuhan rumah tangga mereka.

Nah, daripada buang-buang energi untuk jarak yang bisa dijangkau dengan jalan kaki, mending kita mencontoh orang Polandia. Di sana, masyarakatnya memiliki sejumlah kebiasaan yang sangat hijau dan hemat energi. Jika berbelanja, misalnya, mereka memilih berjalan kaki, terutama untuk belanja ke toko bahan makanan. Apa yang membuat orang Polandia tak merasa capek melakukan hal ini?

Di Polandia, banyak lingkungan yang padat penduduk. Karena kondisi inilah, maka banyak yang mendirikan toko-toko bahan makanan. Dari toko buah dan sayur, toko roti, toko kelontong kecil, bahkan toko yang cukup besar. 

Nah, asyiknya, semua toko-toko itu dalam posisi berdekatan. Jadi, jika ada kebutuhan yang tidak dijual di toko buah dan sayur, warga bisa membelinya di toko kelontong, dengan  melangkahkan kaki beberapa meter saja. Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak dulu. Itu dia kenapa kegiatan berjalan kaki begitu populer di negara ini. 

Menurut Zachary Shahan, salah satu warga Amerika yang sudah 6,5 tahun tinggal di Polandia, kegiatan berjalan kaki yang dilakukan orang Polandia,  jauh lebih baik daripada yang dilakukan oleh orang  Amerika. 

"Saya sudah tinggal di Polandia selama sekitar 6,5 tahun. Saya  sudah banyak tahu soal  budaya dan kebiasaan di sini. Bagi saya, Polandia adalah alam alami terbaik kedua yang saya temui, salah satunya karena sering melihat aktivitas warga yang berjalan kaki,” kata Shahan.

Sepertinya masyarakat Polandia tahu ya, kalau berjalan kaki itu tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga baik untuk lingkungan. Dengan berjalan kaki, otomatis kita bisa mengurangi asap knalpot atau polusi ke udara dan mengirit BBM. Kalau sudah begitu, kantong kita pun ikut hemat.  

Selain senang berjalan kaki, warga Polandia rupanya suka tidur di sofa. Mungkin karena sofa itu empuk, jadi serasa tidur di atas springbed. Kalau malam hari, misalnya, ruang tamu akan berubah menjadi kamar tidur. Bahkan, kamar tidur anak-anak juga sering memanfaatkan sofa sebagai tempat tidur mereka. 

"Sofayang saya gunakan sebagai tempat tidur ketika masih kanak-kanak saat tinggal Amerika Serikatdulu, sudah cukup nyaman. Tapi itu bukan sesuatu yang membuat saya suka tidur rutin di sofa,' ujar Shahan.

Beberapa tempat tidur sofa di Polandia, memang bukan yang terbaik untuk digunakan sebagai syarat tempat tidur yang sehat dan baik. Tapi, jangan salah, jika Anda pergi berbelanja sofa, hampir semua sofa yang di jual di sana, didesain layaknya untuk tempat tidur, jadi ada banyak pilihan yang bisa diambil. (treehugger) 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Bagaimana Kinerja KPK Setelah Komisioner Kembalikan Mandat?

Kabar Baru Jam 11