Perdamaian di Suriah Dibahas di Swiss

KBR68H, Washington - Diplomat tinggi Perancis mengatakan menteri-menteri dari 11 negara Barat dan Teluk Arab yang mengadakan pertemuan di Paris hari Minggu.

INTERNASIONAL

Senin, 13 Jan 2014 08:49 WIB

Author

Eva Mazrieva

Perdamaian di Suriah Dibahas di Swiss

perdamaian, suriah, swiss

KBR68H, Washington - Diplomat tinggi Perancis mengatakan menteri-menteri dari 11 negara Barat dan Teluk Arab yang mengadakan pertemuan di Paris hari Minggu. Mereka sepakat bahwa satu-satunya cara untuk mencapai solusi politik di Suriah adalah lewat perundingan damai yang dijadwalkan berlangsung pekan depan di Swiss.

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius yang berbicara atas nama “Sahabat Suriah” – aliansi negara-negara yang mendukung kelompok oposisi Suriah – mengatakan konferensi perdamaian mendatang adalah untuk menciptakan pemerintahan transisi bagi Suriah “dengan kekuatan eksekutif penuh”.

Tetapi pemimpin kelompok oposisi utama “Koalisi Nasional Suriah” SNC Ahmed Jarba – yang berbicara di samping Fabius – tidak menunjukkan apakah SNC akan menghadiri perundingan “Jenewa 2” di kota Montreaux Swiss itu.

SNC yang merupakan konfederasi para gerilyawan yang didukung Barat terpecah tajam soal apakah akan datang atau tidak dalam konferensi itu dan mengatakan baru akan mengumumkan keputusannya pada 17 Januari mendatang. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11