INTERNASIONAL

New York Punya Wali Kota Baru

"KBR68H, Washington - Ketika penduduk kota New York berpesta pora menyambut tahun baru di Times Square, Bill de Blasio diambil sumpahnya sebagai wali kota yang baru menggantikan Michael Bloomberg."

Zulfian Bakar

New York Punya Wali Kota Baru
new york, wali kota baru, bill de blasio

KBR68H, Washington - Ketika penduduk kota New York berpesta pora menyambut tahun baru di Times Square, Bill de Blasio diambil sumpahnya sebagai wali kota yang baru menggantikan Michael Bloomberg.

De Blasio adalah walikota dari partai Demokrat yang pertama yang berhasil mendapatkan jabatan itu dalam waktu dua puluh tahun terakhir.

Ia diambil sumpahnya hanya beberapa saat setelah tengah malam hari Selasa di muka rumahnya di kawasan Brooklynn. Di Blasio akan mengucapkan sumpah jabatannya secara resmi hari Rabu ini dalam sebuah upacara besar, yang dipimpin oleh bekas presiden Bill Clinton.

Pendahulunya, Michael Bloomberg dari kelompok independen dianggap berhasil menurunkan tingkat kejahatan dan membuat kota new York lebih ramah lingkungan. Tapi Bloomberg dikecam oleh di Blasio karena menciptakan jurang besar antara kelompok kaya yang hidup senang dan penduduk kota yang miskin.

Salah satu tugas besar di Blasio adalah berusaha mengecilkan jurang perbedaan itu. Ia juga akan menghadapi buruknya hubungan antara polisi dan warga kota, dan akan berusaha mendorong supaya semua anak kecil bisa masuk taman kanak-kanak dengan gratis. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi


  • new york
  • wali kota baru
  • bill de blasio

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!