2019, Ini Deretan Isu yang Paling Menarik Perhatian Warganet

Berikut cuplikan isu-isu terpopuler di Indonesia sepanjang 2019 berdasarkan tren pencarian kata kunci di Google.

BERITA | INTERMEZZO

Selasa, 24 Des 2019 15:02 WIB

Author

Adi Ahdiat

2019, Ini Deretan Isu yang Paling Menarik Perhatian Warganet

Ilustrasi. (Gambar: Pixabay)

KBR, Jakarta - Banyak peristiwa besar yang berpengaruh secara nasional sepanjang 2019. 

Ada bencana alam, kebakaran hutan, pemilu, pelantikan presiden dan menteri-menterinya, penangkapan koruptor, demonstrasi, kerusuhan, mati listrik massal, pemblokiran internet, teror bom, penusukan pejabat, dan banyak lagi lainnya.

Tapi, peristiwa mana yang paling menarik perhatian warganet? Isu apa yang dianggap penting netizen hingga membangkitkan keingintahuan mereka?

Berikut cuplikan isu-isu terpopuler di Indonesia sepanjang 2019 berdasarkan tren pencarian kata kunci di Google.


Audrey dan Cacar Monyet Lebih Populer dari Sidang Sengketa Pilpres

Menurut data Google Trends, isu nasional yang paling banyak dicari warganet pada 2019 adalah kasus perundungan terhadap Audrey.

Audrey adalah seorang siswi SMP di Pontianak. Pada April 2019 beredar kabar viral di media sosial bahwa Audrey dikeroyok 12 siswi SMA hingga organ vitalnya terluka.

Belakangan, visum kepolisian menunjukkan bahwa penganiayaan terhadap Audrey tidak separah kabar yang beredar. Namun, perhatian warganet untuk isu ini sudah kepalang tinggi, hingga menempati peringkat pertama di indeks Google.

Setelah Audrey, isu nasional yang paling membuat warganet Indonesia penasaran adalah cacar monyet.

Kedua isu itu lebih banyak memancing keingintahuan warganet ketimbang isu-isu politik seperti sidang Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilpres 2019 yang sempat memicu kericuhan, ataupun revisi UU KPK yang direspon demo mahasiswa besar-besaran.


Nadiem Makariem Lebih Populer dari Artis Korea

Untuk kategori figur publik, sepanjang tahun 2019 warganet Indonesia paling penasaran terhadap sosok Nadiem Makariem.

Tren pencarian kata kunci 'Nadiem Makariem' menempati peringkat pertama di indeks Google, hingga mengalahkan pencarian soal 'BTS' atau Bangtan Boys, grup penyanyi pria asal Korea Selatan.

Pencarian nama 'Edhy Prabowo', Menteri Kelautan dan Perikanan 2019-2024, juga tinggi hingga menempati peringkat ketiga, mengalahkan pencarian soal grup penyanyi Blackpink. 


Hidup Sehat, Sukses, Naik MRT

Sepanjang 2019 warganet Indonesia banyak mencari konten tentang tips atau panduan 'cara hidup sehat'.

Kata kunci populer lainnya untuk kategori konten sejenis adalah 'cara menjadi orang sukses', serta 'cara naik MRT'.

MRT atau Moda Raya Terpadu merupakan transportasi massal berbasis rel di Jakarta yang pembangunannya sudah berjalan sejak 2013. Namun, proyeknya memang baru rampung pada Maret 2019.

Menurut William Syahbandar, Direktur Utama MRT Jakarta, sejak April-Desember 2019 angkutan ini sudah digunakan oleh sekitar 22,4 juta penumpang.

Meski demikian, William tak bisa memastikan apakah antusiasme publik terhadap MRT ini mampu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi atau tidak. Pihak MRT Jakarta berencana menggelar surveinya pada tahun depan.

Editor: Ninik Yuniati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kembali Izinkan Umrah, Saudi Umumkan Ketentuan

Eps7. Jejak Kearifan Lokal Gambut

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi Covid-19, Suara Penolakan dari Garda Terdepan

Kabar Baru Jam 8