Winamp Bakal Muncul Lagi dengan Wajah Baru

Perusahaan induk Radionomy berencana untuk me-reboot layanan ini sebagai aplikasi all in one yang bisa mengakses podcast, daftar putar, dan streaming stasiun radio menjadi satu platform tunggal.

BERITA , INTERMEZZO

Selasa, 16 Okt 2018 20:24 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Winamp Bakal Muncul Lagi dengan Wajah Baru

Foto: gmutlu via Getty Images

KBR - Program pemutar musik MP3 yang populer pada 2000-an, Winamp bakal hadir kembali sebagai aplikasi audio seluler platform-agnostic.

Hal ini diungkapkan oleh perusahaan yang membeli Winamp pada 2014 lalu, Radionomy. Perusahaan ini berencana untuk me-reboot layanan tersebut sebagai aplikasi all in one yang mampu mengakses podcast, daftar putar, dan streaming stasiun radio menjadi satu platform tunggal. Dilansir dari TechCrunch, pembaruan akan dirilis pada 2019.

"Akan ada versi yang benar-benar baru tahun depan, dengan warisan Winamp, tetapi pengalaman mendengarkan yang lebih lengkap," ungkap Alexandre Saboundjian, CEO Radionomy--perusahaan yang membeli Winamp pada 2014.

"Anda dapat dengarkan MP3 yang mungkin Anda miliki di rumah, tetapi juga ke cloud, ke podcast, untuk streaming stasiun radio, ke daftar putar yang mungkin telah Anda buat," tambahnya.

Dilansir dari The Verge, Saboundjian juga mengatakan, dirinya membayangkan versi terbaru Winamp sebagai semacam agregator yang akan menyatukan semua kemungkinan opsi mendengarkan ke satu platform yang dapat dicari. Namun ia belum memberikan informasi tentang bagaimana Winamp versi baru itu bakal terintegrasi dengan layanan seperti Spotify, Apple Music, Pandora, atau opsi streaming populer lainnya.

Winamp pertama kali hadir pada 1997 dan menjadi layanan pemutar musik yang populer. Winamp terakhir kali dikembangkan pada 2013 lalu, dan dijual pada tahun yang sama. Hal itu terjadi karena Winamp kalah bersaing dengan pemutar musik lainnya, seperti Spotify.

Pembaruan akan menyediakan beberapa perbaikan dasar pada bug dan kompatibilitas yang membuat aplikasi berjalan. Versi aplikasi yang sepenuhnya dikonsep ulang, Winamp 6, diharapkan rilis sekitar tahun depan dengan aplikasi seluler yang menyertainya.

Menurut Saboundjian, Winamp memiliki seratus juta pengguna bulanan dimana sebagian besar dari mereka di luar Amerika Serikat (AS). Basis pengguna yang nyata dan aktif ini bisa menjadi pijakan untuk platform baru--mobile-first--dan juga untuk desktop.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERMEZZO

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.