Selain untuk Diet, Ini Manfaat Lain Biji Bunga Matahari

Satu porsi biji bunga matahari mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat. "Lemak, serat, dan protein memainkan peran penting dalam perasaan kenyang," kata Alissa Rumsey selaku ahli diet.

BERITA | INTERMEZZO

Jumat, 19 Okt 2018 13:03 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Selain untuk Diet, Ini Manfaat Lain Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari. (Foto: Marie A/flickr/Creative Commons)

KBR - Biji bunga matahari kaya akan nutrisi. Satu porsi biji bunga matahari, yaitu sekitar 4 sendok makan, mengandung kadar lemak sehat yang tinggi. Dalam setiap porsinya, terkandung 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Alissa Rumsey selaku ahli diet mengatakan, lemak pada biji bunga matahari menunjukan manfaat yang jelas. Utamanya berkaitan dengan kesehatan jantung dan resiko penyakit kardiovaskular.

Selain lemak, satu porsi biji bunga matahari juga mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat. "Lemak, serat, dan protein memainkan peran penting dalam perasaan kenyang," kata Rumsey, dikutip dari Time.

Ahli diet lainnya, Maxine Yeung menyatakan bahwa biji bunga matahari juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, di antaranya Vitamin E, dengan sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung; Folat, bermanfaat untuk sintesis DNA; Fosfor, kunci untuk kesehatan tulang; Selenium, antioksidan yang melindungi dari kerusakan sel; Mangan, yang membantu produksi tulang; Tembaga, yang membantu kesehatan jantung dan fungsi kekebalan tubuh; Vitamin B6, baik untuk perkembangan kognitif; Seng, untuk metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, biji bunga matahari juga kaya magnesium, yaitu mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda.

"Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ini juga merupakan komponen penting dari tulang dan membantu mengatur fungsi dan kontraksi saraf dan otot," ungkap ahli diet terdaftar Brian St Pierre.

Beberapa biji punya keunggulan dibandingkan bunga matahari. Namun, menurut Pierre, biji bunga matahari lebih kaya vitamin dan mineral. Selain itu, Yeung mengatakan, biji bunga matahari juga memiliki beberapa konsentrasi tertinggi pitosterol, molekul tanaman yang baik, untuk mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Secara umum, semua biji-bijian mengandung campuran lemak sehat, serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik. Itulah sebabnya mengapa penting untuk memasukkan berbagai biji-bijian ke dalam diet Anda.

Biji bunga matahari dapat dipanggang dengan atau tanpa kulit. "Kulit biji bunga matahari memiliki banyak serat dan dapat dimakan, tetapi sangat keras, dan jika tidak dikunyah dengan baik dapat membahayakan saluran pencernaan," kata Yeung.

Anda bisa mengonsumsi biji bunga matahari mentah atau membelinya yang kering dengan atau tanpa cangkang. Yeung mengatakan, Anda bisa memakan biji bunga matahari langsung atau ditaburi dengan oatmeal, yogurt, sup,  dan salad. Ia juga mengingatkan biji bunga matahari adalah makanan yang tinggi lemak.

"Kontrol porsi adalah kunci sehingga Anda menuai manfaat kesehatan sambil menghindari kelebihan kalori," kata Yeung.

Karena memiliki jumlah lemak yang bagus, biji bunga matahari bisa berbau tengik. Jadi pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERMEZZO

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Perlindungan Hukum untuk Para Pembela HAM Masih Lemah