Kamera Tercepat di Dunia Bisa Tangkap Gambar 10 Triliun Frame per Detik

Peneliti mengatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi kemungkinan untuk mempercepat proses kerja kamera lebih jauh lagi, hingga satu quadrillion frame per detik.

BERITA , INTERMEZZO

Senin, 15 Okt 2018 18:13 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Kamera Tercepat di Dunia Bisa Tangkap Gambar 10 Triliun Frame per Detik

Ilustrasi.

KBR - Para peneliti dari Institut Nasional de la Reserche Scientifique (INRS) Perancis mengembangkan kamera tercepat di dunia. Kamera yang disebut T-CUP ini mampu menangkap gambar 10 triliun frame per detik. Dan itu cukup cepat untuk melihat cahaya dalam gerakan lambat.

Untuk membuat kamera tersebut, para peneliti memperbaiki teknik yang dikenal sebagai kompresi ultra-fast photography (CUP). Teknologi ini mampu menangkap gambar dengan kecepatan sekitar 100 miliar frame per detik.

Dikutip dari Inverse, para peneliti menggabungkan apa yang disebut 'kamera beruntun' dengan kamera statis kedua untuk mencoba dan meningkatkan kualitas gambar. Kedua gambar kemudian digabung melalui proses yang disebut transformasi radon.

"Kami tahu bahwa dengan hanya menggunakan kamera beruntun femtosecond, kualitas gambar akan terbatas. Untuk meningkatkan ini, kami menambahkan kamera lain yang memperoleh gambar statis. Dikombinasikan dengan gambar yang diperoleh oleh kamera beruntun femtosecond," kata Profesor Lihong Wang, Direktur Caltech Optical Imaging Laboratory (COIL).

"Kita dapat menggunakan apa yang disebut transformasi Radon untuk mendapatkan gambar berkualitas tinggi sambil merekam sepuluh triliun frame per detik," tambah Lihong.

Menetapkan rekor dunia untuk kecepatan pencitraan real-time, T-CUP dapat mendukung generasi baru mikroskop untuk kebutuhan biomedis, ilmu material, dan aplikasi lainnya. Kamera tersebut mewakili perubahan mendasar, sehingga memungkinkan untuk menganalisis interaksi antara cahaya dan materi pada resolusi temporal yang tak tertandingi.

Pertama kali digunakan, kamera ini mampu menangkap fokus temporal dari pulsa laser femtosecond tunggal secara real time. Proses ini terekam dalam 25 frame yang diambil pada interval 400 femtosekon. Hal itu dapat merinci bentuk, intensitas, dan sudut kemiringan cahaya.

Dilansir dari Business Insider, peneliti mengatakan telah mengidentifikasi kemungkinan untuk mempercepat proses  kerja kamera lebih jauh lagi, hingga satu quadrillion frame per detik.

"Kami sudah melihat kemungkinan untuk meningkatkan kecepatan hingga satu quadrillion frame per detik. Kecepatan seperti itu pasti menawarkan wawasan rahasia yang belum terdeteksi dari interaksi antara cahaya dan materi," jelas Jinyang Liang, insinyur COIL ketika penelitian dilakukan.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERMEZZO

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17